Mangga Kweni Sang Pewangi

Selasa, 06 Pebruari 2018, 15:25 WIB

Mangga Kweni (Mangifera Odorata)

AGRONET - Buah yang satu ini mempunyai ciri khas sendiri, terutama dari aromanya. Kweni, itulah namanya, dikenal dengan nama latin Mangifera odorata. Di setiap daerah kweni memiliki sebutan dengan beberapa nama seperti: pakel, lekup, kuini, macang, bembem, kabeni, embacang, dan lain sebagainya.  Jika kweni matang disimpan di sebuah ruangan atau dalam lemari makanan, aroma wanginya yang tajam dan berbau khas akan mudah tercium. Bagi orang yang belum mengenal kweni, mungkin akan menduga wangi tersebut bersumber dari aroma parfum ruangan.

Kweni masih satu famili dengan buah mangga. Warna buahnya oranye, manis, dan struktur buah serupa dengan buah manga. Tetapi struktur serat daging buahnya lebih halus dan lembut. Manfaat dari kweni juga tidak jauh berbeda dengan buah mangga. Keharuman dari kweni memiliki daya tarik tersendiri bagi jenis buah yang satu ini.

Mangga kweni termasuk buah yang sangat umum dikonsumsi banyak orang. Kebutuhan kweni saat ini semakin terus mengalami peningkatan sehingga budi daya kweni sangat menguntungkan untuk dijalani.

“Mangga kweni sudah jadi favorit saya sejak kecil. Aromanya sangat menggoda dan wangi. Rasanya manis. Lihat pohonnya yang ada di rumah sepupu, saya juga jadi ingin tanam di halaman rumah,” kata Akrie salah seorang penikmat mangga Kweni.

Tingginya konsumsi buah musiman ini membuat sebagian orang tertarik untuk melakukan budi daya mangga kweni. Budi daya kweni tidak jauh berbeda dengan budi daya mangga pada umumnya, yang dapat dilakukan secara vegetatif ataupun cara generatif. Jika melakukan budi daya kweni, perlu juga mengetahui cara menanam buah kweni yang benar. Mulai dari penyiapan bibit,  menanam dengan menggunakan biji dari buah kweni yang bagus dan masak di pohon.

“Kalau sudah tanam, tingginya sudah 20 cm, itu sudah harus dipindahkan bibitnya ke dalam polibag. Supaya mudah dirawat. Kalau mau cara cepat ya bisa juga, tanam vegetatif: dicangkok atau okulasi,” jelas Sunari, petani mangga di Cirebon

Selain itu, cara penanaman juga harus menjadi perhatian tersendiri. Menyiapkan lubang tanam dengan ukuran 40 cm x 40 cm dengan kedalaman 50 cm. Kemudian ditaburkan pupuk kompos 1/3 bagian lalu biarkan lubang hingga 7 hari. Usahakan dalam pembuatan lubang tanam di tempat yang terkena sinar matahari yang cukup. Setelah 7 hari masukan bibit mangga ke dalam lubang tanam. Penutupan lubang tidak perlu terlalu kencang atau padat, seperlunya saja. Selanjutnya lakukan penyiraman pagi dan sore hari.

Hal lainnya yang juga menjadi perhatian adalah perawatan. Agar tanaman kweni dapat tumbuh dengan maksimal harus dilakukan perawatan dengan cara yang maksimal. Selalu rutin membersihkan rumput atau gulma di sekitarnya karena dapat mengganggu pertumbuhan tanaman kweni. Pemberian pupuk lanjutan juga diberikan setelah usia tanaman sudah 2 bulan. Lakukan penyemperotan bila ada hama yang menyerang. Tanaman kweni akan menghasilkan buah hingga usianya 2 tahun untuk penanaman vegetatif dan membutuhkan waktu 10 tahun untuk penanaman secara generatif.

Itulah cara penanaman kweni yang tidak jauh berbeda dengan budi daya mangga lainnya. Selain memperhatikan cara penanaman di atas, jika ingin budi daya kweni dalam jumlah banyak, perlu melakukan analisis dan menghitung peluang bisnis budi daya kweni sehingga modal dan persiapan lainnya dapat dilakukan dengan baik. (888)

 

BERITA TERKAIT