Pisang Bonsai di Beranda Rumah

Jumat, 05 April 2019, 20:31 WIB

Pisang bonsai di dalam pot cukup unik dan mudah dibudidayakan. | Sumber Foto:Berbagai sumber

Agronet – Pisang ternyata tanaman yang bisa dijadikan hiasan. Di mana sering didapatkan postur tanaman ini cukup besar dan tinggi, namun ada juga yang posturnya pendek. Ya, pisang bonsai menjadi tanaman hiasan di rumah yang cukup unik.

Bonsai adalah tanaman berkambium atau berbatang keras yang dikerdilkan. Batangnya dibentuk sedemikian rupa agar kecil dan menjadi unik. Untuk menanam pisang bonsai, perlu diingat bahwa pohon pisang adalah jenis tanaman tropis dan subtropics.

Jika ingin menanamnya di dalam pot, maka usahakan harus selalu terkena sinar mata hari minimal 6 jam sehari. Untuk menanamnya, sediakan pot dan media tanah berpasir. Sediakan juga pupuk kompos, kotoran ternak dan mulailah menanam bibit pisang di dalam pot.

Sangat penting mendapatkan bibit yang memiliki kualitas bagus dan mengetahui jenis varietasnya. Bibit berkualitas bagus sangat mempengaruhi hasil panen dan rasa buahnya. Ketika sudah ditanam, lakukanlah perawatan dengan cara menyiramnya dua kali sehari.

Untuk pemilihan varietas, pilihlah yang dari varietas pohon pendek dengan ketinggian kira-kira mencapai 1,5 meter sampai pohon dengan ketinggian 4 meter. Pilihlah pisang dengan varietas kerdil yang tumbuh antara 1,5 sampai 2 meter saja. Pohon pisang bonsai yang dirawat dengan baik dan sungguh-sungguh akan tumbuh dan berbuah dalam pot.

Hal menarik adalah ketika dia tumbuh dengan subur dan memiliki buah yang rimbun, meski ditanam di dalam pot.
Pohon pisang bonsai adalah jenis pohon pisang yang jarang dijumpai. Menaman pohon pisang cukup mudah karena sejatinya pohon pisang adalah pohon pekarangan atau hutan yang mudah tumbuh di mana saja dan cenderung tahan terhadap hama perusak.

Lakukan perawatan berkala dengan menyiram dan mengontrol dari serangan ulat daun. Umumnya pohon pisang bonsai tidak bertahan lama hidup karena lemahnya perawatan. Jika panen tiba, maka keluarga dapat dengan mudah bisa menikmati buahnya yang dari dalam pot, tanpa harus pergi ke kebun. (Berbagai sumber/111)