Beternak Ayam Joper, Meraup Untung Ramadhan

Senin, 18 Maret 2019, 11:42 WIB

DOC ayam kampung super JOPER | Sumber Foto:istimewa

AGRONET --  Beberapa bulan lagi tidak disangka sudah memasuki bulan Ramadhan kembali. Semua umat Muslim pasti sudah tidak sabar lagi menunggu datangnya bulan Ramadhan yang penuh berkah. Bulan Ramadhan adalah dimana semua umat muslim di berikan waktu yang istimewa dari Allah SWT untuk merefleksikan diri dan menumbuhkan sisi spiritualnya.  

Berbicara tentang bulan Ramadhan, sebagai pelaku usaha, apa sih usaha atau bisnis yang bisa memanfaatkan peluang ramadhan?

Beternak ayam kampung  super adalah salah satu jawabannya. Beternak ayam kampung super atau Joper sebelum ramadhan dapat menjadi peluang bisnis. Alasannya karena banyak dari masyarakat yang saat buka puasa maupun sahur,  ingin makanan yang enak dan lezat. Tidak saat bulan Ramadhan saja, tetapi juga setelah bulan Ramadhan yaitu saat Idul Fitri tiba. Saat ramadhan hingga Idul Fitri tiba. biasanya masyarakat membuat masakan seperti Gulai Ayam, Opor Ayam dan berbagai masakan lain yang berbahan dasar daging ayam.

Daging ayam memang menjadi primadona dari kalangan bawah sampai kalangan atas. Rasanya yang lezat membuat masyarakat tidak merasa bosan apabila memakan masakan ini. Itu yang membuat prrmintaan daging ayam meningkat dan harganya berlipat.

Sebenarnya banyak jenis ayam yang bisa dipelihara, namun sedikit yang memiliki masa panen yang cepat dengan kualitas daging yang bagus. Ada beberapa pilihan yang bisa dipilih namun bisa Anda coba untuk beternak ayam kampung super (Joper).

Joper (ayam kampung super) adalah salah satu jenis ayam pedaging yang memiliki masa panen yang lebih cepat dibandingkan dengan jenis ayam lainnya. Ayam Joper hadir dari persilangan antara ayam bangkok pejantan dengan ayam petelur betina.

Kelebihan dari ayam JOPER adalah :

  • Memiliki pertumbuhan yang cepat
  • Masa panen 60 hari atau 2 bulan
  • Keseragaman produksi
  • Lebih tahan terhadap berbagai penyakit

Saat ini banyak para peternak pemula yang mencoba untuk beternak ayam kampung super. Alasan mereka beternak ayam kampung super karena mudah untuk diternakkan dan perawatannya sama  saja seperti memelihara ayam kampung biasa.

Ayam kampung super Joper memiliki pertumbuhan yang cepat sehingga masa panennya akan lebih cepat juga. Sehingga jika ingin memelihara Joper dan memanfaatkan peluang ramadhan, waktu yang tepat untuk membeli DOC ayam kampung super (Joper) adalah beberapa bulan sebelum Ramadhan, agar saat Ramadhan ayam Joper yang kita pelihara sudah bisa di panen. 

Karena tekstur daging dan rasanya sama seperti ayam kampung, harga ayam Joper pun sama mahalnya. Inilah yang membuat beternak ayam Joper semakin menguntungkan. (234)

BERITA TERKAIT