FCB Gelar Latihan Jelang Kontes Nasional

Rabu, 07 Maret 2018, 10:31 WIB

Suasana Latber Spesial di Bogor Baru Taman, Kota Bogor

AGRONET – Forum Cupang Bogor kembali mengadakan 'Latihan Bareng' di Bogor, Minggu (4/3). Berbeda dari latber yang pernah diadakan, latber kali begitu spesial.  Dengan mengusung tema 'Spesial Bocimi (Bogor, Cianjur, Sukabumi)', para pecinta cupang yang tergabung komunitas cupang daerah Cianjur dan Sukabumi pun turut hadir.  Pencetus FCB, Aziz Fauzi menyebutkan, "Spesial Bocimi diambil untuk dapat menarik minat peserta dari luar Bogor, sehingga kontes menjadi lebih seru."

Tidak hanya anggota komunitas yang merasakan keseruan latber ini, masyarakat luas pun mendapat tambahan ilmu baru. Masyarakat juga dimanjakan dengan keindahan ikan cupang yang merupakan ikan petarung.  Bagi para anggota komunitas, latber sama halnya dengan kontes cupang, tapi skalanya lebih kecil.

Meskipun berskala kecil, latber FCB yang diadakan 3 bulan sekali ini menjadi ajang persiapan menuju kontes nasional.  "Tahun ini kontes nasional diagendakan pada bulan Mei dan akhir tahun," tutur Ozi, begitu sapaan akrabnya.  Baik latber maupun kontes nasional, sama-sama menentukan katogeri penilaian.  

Crowntail (cupang hias hasil silangan asli indonesia), halfmoon (cupang dengan ekor dan sirip simetris menyerupai bentuk setengah bulan), dan plakat (cupang dengan sirip ekor yang pendek) beberapa di antara kategori yang dinilai.  Ikan cupang bebas gelap dari jenis plakat menjadi yang paling diminati oleh peserta, karena perawatan jenis ikan ini lebih mudah dari yang lainnya.

Para peserta terlihat sangat antusias. Jumlah yang terdaftar mencapai 228 ikan dari puluhan peserta yang hadir.  "Ikan yang dibawa layak untuk dipertandingkan, otomatis persaingannya lebih keras”, kata Ozi.  

Team C-bok (Cibinong Enjoy Betta Ok) keluar sebagai juara umum. Trofi, sertifikat, beserta uang tunai pun berhasil mereka bawa pulang.

Juara Umum Latber Spesial

Team C-bok menjadi juara umum berdasarkan jumlah point keseluruhan yang diperoleh dari ikan yang dipertandingkan.  Kemenangan Team C-bok menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi FCB karena mereka berasal dari Bogor.  Dengan adanya latber ini, diharapkan dapat mamanjukan geliat penghobi ikan cupang di Indonesia, khususnya di Bogor.  (Andi Handika)