Black Indonesia Kembali Promosikan Ayam Hias

Senin, 19 Maret 2018, 17:25 WIB

Black Indonesia Kembali Promosikan Ayam

AGRONET – Para pehobi ayam cemani yang tergabung dalam komunitas Black Indonesia mengadakan pameran ayam hias di Pet Kingdom Alam Sutera, Tangerang Banten, Minggu (18/3). “Tujuannya sebagai sarana edukasi dan promosi kepada masyarakat, terutama ayam cemani, serta mempererat silaturahmi sesama anggota komunitas,” tutur Ketua Black Indonesia, Mudie.

Mudie menjelaskan, masyarakat yang datang bisa melihat keindahan dari berbagai jenis ayam yang ditampilkan. Ada ayam serama yang terlihat gagah, ayam ketawa dengan keindahan suaranya, dan tentu saja ayam cemani yang sangat khas dengan warnanya yang hitam, bahkan tulang dan jeroannya juga berwarna hitam.

Inilah yang membedakan ayam cemani dengan jenis ayam hitam dari negara–negara lain sehingga mereka tertarik membeli ayam cemani di Indonesia. Ia pun berharap pemerintah ikut berperan untuk menyosialisasikan komunitas–komunitas pencinta ayam hias agar bisa lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas.

Mengenai pandangan mistis masyarakat terhadap ayam cemani dan darahnya yang bewarna hitam, menurut wakil dari Black Indonesia, Doni Rahardian, “Setiap mengadakan pameran kita selalu memberikan edukasi mengenai hal tersebut, namun tetap saja jadi sesuatu hal yang diperdebatkan.Ada yang percaya namun ada juga yang tidak”.

Akan tetapi hal positifnya adalah ayam cemani jadi topik yang akan selalu dibicarakan sehingga semakin banyak orang yang ingin mengetahuinya dan tertarik juga untuk memeliharanya. Kegiatan ini diharapkan bisa lebih mengangkat komunitas–komunitas ayam hias yang ada di Indonesia.

Acara ini juga dimeriahkan oleh komunitas lainnya seperti ayam hias tangerang dan KAKC (komunitas ayam ketawa cileungsi). Kegiatan ini juga merupakan agenda rutin yang diadakan dua kali dalam sebulan. (Andi Handika) 

Komunitas