Cuci Piring Tanpa Air dengan Dishue

Senin, 04 Juni 2018, 15:51 WIB

Ilustrasi piring dan cangkir | Sumber Foto:Pixabay

Bagi para pegiat aktivitas outdoor, membersihkan wadah makan dan minum, terkadang menjadi merepotkan apabila di medan yang ditemui tidak ada air. Namun, dengan adanya temuan DISHUE (dish washing without watering, as solution for a better travelling) inovasi dari Lima orang mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), wadah makan dan minum tetap bisa dibersihkan dengan higienis, meskipun tanpa menggunakan air.

Dishue merupakan tisue yang digunakan untuk membersihkan tempat makanan tanpa menggunakan air. Kelima mahasiswa inovatif tersebut adalah Nauvaldy Achmad Fachreza, Tsabitah Shofiyana, Jihan Suraya, Anggita Nurul Annisa dan Alfiyyah Hasanah. Di bawah bimbingan Dr. Dwi Setyaningsih Program Kreativitas Mahasiwa bidang kewirausahaan (PKMK) dengan judul “DISHUE : Dish Washing Without Watering, As Solution For A Better Travelling” ini berhasil didanai Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI. Dengan produk ini mereka berharap dapat membantu memudahkan para aktivis, penggiat outdoor, ataupun masyarakat dalam membersihkan wadah makanannya.

Bahan baku utamanya tisue yang lentur dan tidak mudah sobek. Dalam tisue tersebut terdapat larutan yang berfungsi untuk mengangkat lemak dan kotorannya. Produk ini dijual per bungkus dengan isi enam lembar dengan harga saat ini Rp 6000. Kelebihan lain tisue ini terdapat aroma dengan varian lemon dan green tea. Selain membersihkan lemak Dishue juga akan menghilangkan bau amis pada wadah.

“Tisue ini bisa digunakan di berbagai macam bahan baku tempat makan seperti plastik, melamin, stainless steel dan sebagainya. Setelah wadah dibersihkan dengan tisue ini, wadah dapat digunakan kembali karena bahan yang terkandung dalam produk ini juga aman. Kita memproduksinya di Bogor dan sudah mulai menerima orderan baik dari Bogor dan sekitarnya. Untuk pemasaran kita sudah lakukan melalui berbagai meda sosial,” ujar Nauval. (IPB/222)

BERITA TERKAIT

Komunitas