Melihat Ikan Purba Sungai Amazon di Purbalingga

Minggu, 17 Juni 2018, 11:12 WIB

Planet Akuarium Toyoshuka di Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas

AGRONET - Lebaran merupakan momen yang tepat untuk menikmati liburan bersama keluarga. Bagi Anda yang kebetulan berkampung halaman di sekitar Purbalingga, pilihan destinasinya cukup beragam. Dari wisata alam, waterpark, museum, hingga taman kota yang tersedia di sudut-sudut kota.

Salah satu destinasi yang menjadi primadona warga dan pelancong di Purbalingga adalah Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas. Taman Wisata Purbasari ini terbilang taman wisata yang lengkap. Di sini Anda bisa menikmati hiburan sekaligus belajar tentang fauna ikan air tawar, burung-burung dari berbagai belahan dunia, diorama satwa, berenang di waterpark, melatih ketangkasan anak balita Anda di taman bermain anak, menonton film di Bioskop 3D, serta berkeliling dengan perahu mesin kecil di danau mini.

Kecuali Bioskop 3D dan wahana perahu, semua wahana di atas bisa Anda nikmati hanya dengan menebus tiket masuk sebesar Rp 20 ribu. “Wahana yang kami sediakan semua bisa Anda nikmati hanya dengan membayar Rp. 20 ribu. Kecuali Bioskop 3D dan wahana perahu yang harus membeli tiket tambahan,” terang Dewi, Koordinator Humas Taman Wisata Purbasari.

Wahana yang kerap disesaki pengunjung Taman Wisata Purbasari adalah Planet Akuarium Toyoshuka, akuarium yang berisi aneka ikan air tawar ini memang memiliki pesona yang berbeda. Di akuarium dengan bangunan sepanjang 25 meter, lebar 15 meter dan ketinggian 8 meter ini, dihuni oleh ikan Arapaima Gigas, ikan karnivora yang hidup di sungai amazon. Tidak hanya satu ikan, ikan purba yang panjangnya bisa mencapai 4,5 meter ini ada belasan. Arapaima Gigas memang menjadi sentra perhatian pengunjung. Diberi ruang yang besar, pengunjung bisa melihatnya dari berbagai sisi. Selain itu pengunjung juga bisa menikmati ikan koi, beragam ikan arwana, dan ikan air tawar lainnya yang hidup di perairan Indonesia.

Wahana yang kerap menggoda pengunjung untuk berleha-leha dan ber-swafoto bersama keluarga tercinta adalah istana burung. Di sini pengunjung bisa berfoto bersama beragam burung Kakatua jinak yang bertengger di pinggir jalan sepanjang istana burung. Aneka burung Elang juga cukup lengkap di sini. Dari Elang Laut, Elang Bondol, Elang Hitam, hingga Elang Ular, terpelihara di sini. Selain itu, terdapat juga Burung Unta setinggi hampir empat meter berbadan tambun yang membuat takjub anak-anak.

“Kalau liburan lebaran seperti ini pengunjung kita bisa mencapai 10 ribu pengunjung per hari,” kata Tono, penjaga di istana burung Taman Wisata Purbasari,”Kami harus batasi foto bersama burung agar burungnya tidak stress.”
Selain menjadi wahana wisata, saat ini Taman Wisata Purbasari juga mulai melakukan konservasi terhadap beberapa hewan. “Kita sedang melakukan penangkaran terhadap merak hijau sebanyak delapan ekor,” terang Tono.”Rusa totol dan Bangau juga kita kembangbiakkan,” tambah Tono.

Dengan lahan seluas tujuh hektare, wahana wisata milik H. Sarimun Baasyir, yang merupakan orang asli Purbalingga ini, akan terus mengalami pengembangan. Dalam waktu dekat, akan berdiri masjid apung. Beberapa wahana lain juga sedang dipersiapkan. Jadi, saat Anda berada di Purbalingga, tak ada salahnya mampir ke Taman Wisata Pendidikan Purbasari. Hanya berjarak tujuh kilometer dari alun-alun Purbalingga, Anda dan keluarga bisa bermain dan belajar sepuasnya tentang dunia air dan burung-burung tropis. (222)

BERITA TERKAIT