Semangka Serif Saga Agrihorti: Si Merah Manis yang Menggoda

Selasa, 25 September 2018, 11:27 WIB

Mentan Andi Amran sedang mencicipi Semangka Serif Saga Agrihorti

AGRONET--Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika telah melakukan serangkaian kegiatan pemuliaan semangka untuk menghasilkan varietas unggul baru (VUB). Salah satu hasil pemuliaan semangka yang berhasil dikembangkan  dan memperoleh VUB adalah semangka Serif Saga Agrihorti.

Dalam event Spekta Horti 2018 yang digelar di Lembang, Jawa Barat pada tanggal 20-23 September 2018, Semangka Serif Saga Agrihorti mendapat apresiasi positif dari Menteri Pertanian Amran Sulaiman.
"Semangka ini manis dan segar. Luar biasa", ujar Amran saat memegang semangka Serif Saga Agrihorti. Hal yang sama juga disampaikan oleh ratusan pengunjung yang sempat mencicipinya.

Semangka Serif Saga Agrihorti memang memiliki beragam keunggulan. Rasanya manis, warna daging merah cerah, ukuran buah maksimal bisa mencapai 10 kg. Dari keunggulan penampakan itu tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemar semangka.

Menurut Kuswandi, peneliti semangka dari Balitbu Tropika, Semangka Serif Saga Agrihorti merupakan varietas bersari bebas yang sangat berpihak kepada petani. Petani tidak perlu membeli benih setiap kali akan memulai usaha taninya. mereka cukup memastikan varietas ini tidak tercampur dan dapat menggunakan benih hasil panennya untuk ditanam pada musim tanam berikutnya. VUB semangka ini memiliki keunggulan, berupa rasa yang sangat manis (TSS 13-17 brix) dan warna merah cerah.

Kepala Balitbu Tropika, Ellina Mansyah, mengharapkan hadirnya VUB semangka Serif Saga Agrihorti diharapkan dapat meningkatkan gairah pengembangan hortikultura Indonesia. Saat ini benih Semangka Serif Saga Agrihorti dapat diperoleh di Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika di Solok Sumatera Barat. (222)

 

 

BERITA TERKAIT