Bulog Gelontorkan 500 Ton Beras Medium di Sumatera Selatan

Jumat, 12 Januari 2018, 20:44 WIB

Isu sulitnya ketersediaan beras medium di Sumatera Selatan sempat membuat harga beras medium bergejolak. | Sumber Foto:KBRN

AGRONET - Perum Bulog Divre Sumatera Selatan dan Bangka Belitung menyiapkan 500 ton beras dalam operasi pasar awal tahun ini. Jumlah ini diakui Bulog masih dapat ditambah menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Kepala Perum Bulog Divre Sumsel Babel Bakhtiar AS mengungkapkan, pihaknya menggandeng tujuh mitra untuk memasarkan beras kualitas medium di wilayah kerjanya dengan harga Rp 9.350/kg. Mitra tersebut yakni PT. Buyung Putra Pangan, PT. Belitang Panen Raya, PT. Tunas Harapan, PT. Usaha Tani, PP. Posin, CV. Jaya Prima dan PT. Usaha Baru.

Bakhtiar mengatakan, beras bulog yang dijual dikemas sesuai dengan merek maupun kemasan para mitra. Untuk harga eceran tertinggi (HET) di Sumsel Rp 9.350/kg sementara di Babel Rp 9.850/kg.

"Sementara ini kami fokus untuk wilayah yang menjadi catatan BPS seperti Pasar KM5, Pasar Cinde dan Pasar 16 Ilir tapi nantinya semua toko dan mitra pedagang akan kami distribusikan juga," ujar Bakhtiar, Jumat (12/1).

Isu sulitnya ketersediaan beras medium di Sumatera Selatan sempat membuat harga beras medium bergejolak. Operasi pasar akan terus dilakukan hingga 31 Maret 2018 dan dievaluasi secara bertahap. (KBRN/111)