Akhir Januari, Indonesia Dipastikan Banjir Beras Impor

Sabtu, 13 Januari 2018, 10:42 WIB

Keputusan impor beras merupakan jawaban untuk mengatasi kondisi kelangkaan pasokan beras. | Sumber Foto:KBRN

AGRONET - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memastikan akhir Januari 2018, beras impor dari Vietnam dan Thailand sebanyak 500 ribu ton akan masuk ke Indonesia.

Naiknya harga beras dan menurunnya stok membuat pemerintah memutuskan membuka keran impor beras. Enggartiasto memastikan hal tersebut, usai bertemu Presiden Joko Widodo di istana pada Jumat (12/01).

“Saya tidak usah melapor, karena itu diskresi saya. 500 ribu ton masuk akhir Januari ini. Dari Vietnam dan Thailand," jelas Enggar singkat

Sebelumnya, Enggar mengatakan, keputusannya untuk mengimpor beras tidak perlu melapor ke pihak lain, karena sudah menjadi diskresinya sebagai menteri. Ia juga mengatakan, keputusan impor beras merupakan jawaban untuk mengatasi kondisi kelangkaan pasokan beras.

Enggar juga melaporkan kepada Presiden Joko Widodo bahwa dirinya telah mengikuti Ministerial Meeting di Singapura bersama para menteri di ASEAN. Menurut Enggar, pertemuan tersebut salah satunya membahas perjanjian perdagangan antara Indonesia dengan negara-negara ASEAN. (KBRN/111)