Pengusaha Ikan Merauke Wajib Miliki Dokumen Perikanan

Sabtu, 13 Januari 2018, 20:31 WIB

Masyarakat Merauke diminta membiasakan mengurus surat bebas penyakit ikan agar tidak terjadi masalah. | Sumber Foto:KBRN

AGRONET - Kepala Stasiun Karantina lkan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas 1 Merauke Nikmatul Hikmah mengungkapkan, dokumen perikanan terkait bebas penyakit sangat penting sehingga tidak terjadi haI-hal yang tidak diinginkan seperti adanya penyakit berbahaya.

"Izin bebas penyakit ikan tidak saja untuk para pengusaha ikan, akan tetapi perorangan yang membawa ikan juga diwajibkan untuk mengurus dokumen bebas penyakit ikan," ungkap Nikmatul di Merauke, Sabtu (13/1).

Masyarakat Merauke diminta membiasakan mengurus surat bebas penyakit ikan agar tidak terjadi masalah. Nikmatul mengemukakan pengurusan dokumen bebas penyakit ikan sangat mudah dan pihaknya memberikan pelayanan yang optimal selama 24 jam.

Menurutnya, apabila masyarakat baik pengusaha maupun perorangan membawa komoditi ikan tanpa disertai dokumen bebas penyakit ikan, dipastikan akan mendapat masalah di pintu-pintu keluar seperti Bandara Mopah dan Pelabuhan Laut Merauke. (KBRN/111)