Tingkatkan Produksi, Aceh Datangkan Induk Ikan

Minggu, 14 Januari 2018, 11:28 WIB

Induk ikan di Kabupaten Aceh Tengah tidak lagi berproduksi maksimal dalam menghasilkan telur.

AGRONET - Ketersediaan ikan untuk dikonsumsi masyarakat Aceh Tengah selama ini masih bergantung pada daerah lain di Aceh, seperti Kabupaten Bireun, Aceh Utara dan Lhokseumawe. Hal itu karena induk ikan yang ada di Kabupaten Aceh Tengah tidak lagi berproduksi maksimal dalam menghasilkan telur atau peranakan.

Kepala Dinas Perikanan Aceh Tengah Syabilul Rasyid menyampaikan, telah melakukan pengadaan induk ikan untuk mendongkrak populasi ikan di daerah tersebut. 500 ekor induk ikan didatangkan dari Sukabumi untuk peremajaan induk ikan di Aceh Tengah yang selama ini tidak lagi menghasilkan larva dengan maksimal.

“Kami telah merehabilitasi induk, agar generasi atau bibit ikan yang diberikan kepada masyarakat nantinya sempurna, tidak ada sakit kepala besar badan kecil, atau kalau bahasa Gayo teruk,” ujar Syabilul, Sabtu (13/1).

Ditambahkan Syabilul, calon induk ikan yang didatangkan dari luar pulau Sumatera diperkirakan akan mulai memproduksi larva 8 bulan sejak pengadaan.

“Kalau tidak ada kendala alam, maka akan sulit kita hitung berapa banyak bibit ikan yang dihasilkan untuk seterusnya kita salurkan kepada masyarakat,” timpalnya. (KBRN/111)

Komunitas