Koperasi Bantu Sejahterakan Peternak Sapi di Lembang

Senin, 12 Pebruari 2018, 22:04 WIB

Rencana pembentukan koperasi untuk peternak sapi didukung oleh banyak pihak.

AGRONET – Para peternak sapi yang ada di Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat diharapkan bisa berkembang lebih luas dan mampu memproduksi susu yang lebih besar. Para peternak sapi memunyai peranan penting dalam memproduksi asupan makanan sehat bagi masyarakat. Dibutuhkan campur tangan pemerintah dalam membantu pengembangan usaha para peternak sapi, salah satunya membentuk koperasi.

Yang butuh diperhatikan dari para peternak adalah permodalan dan kesejahteraan. Selain susu, aspek lain yang bisa dimanfaatkan dari sapi adalah kotoran yang bisa dijadikan energi biogas. Hal ini dapat memberi manfaat yang lebih banyak bagi para peternak.

Koperasi dibutuhkan bukan hanya untuk para peternak, tetapi juga bisa untuk para petani, buruh dan yang membutuhkan bantuan permodalan. Ketua KPSBU Lembang, Dedi Setiadi, di Kantor Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara (KPSBU) di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Senin (12/2), menyatakan rasa terima kasihnya kepada pihak yang akan mengembangkan koperasi di Jawa Barat, khususnya di Kabupaten Bandung Barat.

"Jawa Barat membutuhkan pemimpin yang tegas, cerdas, dan memunyai kepedulian terhadap masyarakat bawah. Insya Allah ini akan berkah dan sukses," ungkapnya. Pertemuan yang membahas rencana pembentukan koperasi itu dihadiri oleh para peternak dan calon Gubernur Jawa Barat, TB. Hasanuddin, atau yang akrab disapa Kang Hasan. (KBRN/111)

Agronesia Utama
Komunitas