Menteri Susi Minta seluruh Nelayan Patuhi Aturan Melaut

Selasa, 13 Pebruari 2018, 16:29 WIB

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti saat melakukan pemantauan proses verifikasi data kapal nelayan di Rembang.

AGRONET – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, Selasa (13/2), memantau langsung verifikasi data kapal cantrang di Pelabuhan Perikanan Pantai Tasikagung, Rembang, Jawa Tengah. Kehadiran Susi disambut antusias oleh para nelayan yang ingin menyampaikan banyak harapan. Sejumlah nelayan tampak berbincang akrab dengan Susi.

Dalam diskusi, Susi meminta para nelayan menaati aturan yang sudah berlaku. Bagi kapal di atas 30 GT diwajibkan menangkap ikan di jalur 12 mil. "Untuk kapal bapak-ibu kan besar, jadi jangan menangkap ikan di 4 mil, biar itu bagian nelayan kecil. Anda semua kan bisa di jalur 12 mil," katanya.

Untuk kapal yang sudah diverifikasi akan langsung bisa melaut. Selain itu, nelayan juga diminta komitmennya untuk mengganti alat tangkapnya. "Kita kan sudah bantu, yang sudah diverifikasi bisa melaut dan tidak khawatir dengan operasi di laut. Tapi ya bapak-ibu (nelayan) harus berkomitmen untuk mengganti alat tangkap," jelasnya.

Hasil verifikasi menyebutkan, kapal cantrang di Kabupaten Rembang sebagian besar melakukan mark down (menurunkan) ukuran kapal. Kapal yang terbukti melakukan mark down diminta untuk melakukan proses perbaikan administrasi di Kementerian KKP. (KBRN/111)

Agronesia Utama
Komunitas