Harga Tandan Buah Segar Kelapa Sawit Menanjak Naik

Rabu, 14 Pebruari 2018, 19:23 WIB

Harga kelapa sawit menanjak naik.

AGRONET – Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di Provinsi Riau dalam sepekan ke depan mengalami kenaikan sebesar Rp 11,68/kg. Ini disebabkan naiknya harga jual Crude Palm Oil (CPO) dari perusahaan sumber data. Menurut Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Riau, Ferry CH, Selasa (13/2) usai rapat tim penetapan harga TBS kelapa sawit menjelaskan, kenaikan terbesar terjadi pada sawit kelompok umur 10 sampai 20 tahun, yang mengalami kenaikan harga sebesar Rp 11,68 /kg atau mencapai 0,62 persen dari harga pekan lalu.

"Dengan kenaikan itu, maka harga TBS periode saat ini menjadi Rp 1.896,99/kg. Kita harapkan pekan depan harga juga naik," katanya. Kepala Seksi Pengolahan dan Pemasaran Perkembangan Mutu, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, T. Neni mengatakan, faktor lain yang juga mempengaruhi naiknya harga TBS sawit di Riau pada tahun ini adalah harga CPO dunia sedang dalam tren melemah, hal ini juga akan mempengaruhi harga CPO Indonesia.

"Salah satu faktor yang menyebabkan tertekannya harga CPO adalah persediaan yang meningkat seiring dengan produksi yang meningkat. Sementara peningkatan produksi ini tidak disertai dengan peningkatan demand yang sesuai," katanya. (KBRN/111)

Agronesia Utama
Komunitas