Petani Kabupaten Lingga Siap Panen Raya Padi Organik

Sabtu, 17 Februari 2018, 11:07 WIB

Petani di Kabupaten Lingga Kepulauan Riau akan melakukan panen raya padi organik di areal sawah seluas 600 hektar.

AGRONET - Petani di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau akan melakukan panen raya padi organik di area sawah seluas 600 hektare. “Kita memang sejak awal mendesain, bahwa yang kita cetak ini sawah, betul-betul didukung air yang cukup sehingga kita coba padi organik. Kita berharap bisa memenuhi beras di daerah perbatasan ini, sehingga bisa mengurangi ketergantungan terhadap beras impor," ujar Bupati Lingga, Alias Wello, Jumat (16/2) petang.

Menurut Alias, komoditas padi organik sudah dikembangkan di wilayahnya sejak 2016 dengan swadaya masyarakat dan dilanjutkan pada 2017 dengan operasi khusus bersama TNI Angkatan Darat. Tahun 2018 ini, akan ada perluasan area sawah padi organik menjadi 2.000 hektare. Alias optimis, ke depan selain bisa mengekspor beras ke negara lain, daerahnya akan menjadi lumbung padi nasional.

Sebelumnya pada 2017, Kabupaten Lingga menggelar panen raya perdana padi organik yang dilakukan di Desa Sungai Besar, Kecamatan Lingga Utara Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau. Saat itu, Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman, berkenan hadir dan mengapresiasi keberhasilan para petani di Kabupaten Lingga. (KBRN/111)