Ribuan Hektare Sawah di Aceh Utara Kekeringan

Selasa, 20 Pebruari 2018, 17:53 WIB

Hamparan sawah yang kering akibat kemarau.

AGRONET – Memasuki musim kemarau, ribuan hektare lahan pertanian di Desa Matang Keh, Kecamatan Pirak Timu, Aceh Utara dilanda kekeringan. Kepala Desa Matang Keh, Ismail, mengeluhkan minimnya perhatian pemerintah daerah dalam mengatasai persoalan ini. Akibatnya, kekeringan menghambat aktivitas pertanian yang berujung pada gagal panen.

“Kalau air tidak ada seperti terjadi pada tahun 2013 lalu besar kemungkinan akan terjadi ancaman gagal panen, padahal masyarakat telah menanamkan modalnya untuk menyemai benih padi yang kini kekurangan air,” jelas Ismail, sambil menunjukkan kondisi ribuan hektare sawah yang kekeringan.

Camat Pirak Timu, Ismuhar, yang turun ke lokasi, Selasa (20/2) mengakui prihatin terhadap kondisi ini. “Ini telah berlangsung cukup lama, jadi selama ini petani sangat bergantung dengan sistem sawah tadah hujan. Walaupun tidak dapat menjangkau seluruh areal persawahan, namun mengatasi kekeringan yang telah terjadi sejak lama sangat diperlukan perhatian pemerintah untuk mengupayakan pembangunan pompanisasi,” kata Ismuhar. (KBRN/111)