Polda NTB Cegah Penyelundupan Lobster

Rabu, 04 April 2018, 12:36 WIB

Lobster laut.

AGRONET-Upaya penyelundupan benih lobster berhasil dicegah. Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB), melalui Sub Direktorat Penegakan Hukum Direktorat Polsi Air dan Udara (SubditGakkum Dit Polariud), berhasil mengamankan 1 unit mobil pick-up yang berisi satu dus atau 8.501 lobster.

“Mobl itu kita tangkap Selasa siang. Isinya lobster,” kata Kepala Bidang Humas Polda NTB, AKBP Tribudi Pangastuti, Selasa (3/4), di Mataram. Namun, ia tak menjelaskan dari mana asal benih lobster tersebut.

Tribudi menguraikan, aparat mendapat informasi adanya mobil yang membawa lobster untuk diselundupkan. Aparat lalu membuntuti mobil tersebut dari Ekas Lombok Timur. Petugas baru bisa mengamankan saat mobil itu melintas di jalan Desa Benteke, Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah.

Menurut Tribudi, rincian lobster yang dibawa terdiri atas 7.650 jenis pasir dan 851 jenis mutiara. Ia menambahkan, total nilai lobster yang diselundupkan ditaksir sekitar Rp629.200.000.

Selain mobil pick-up, polisi juga mengamankan mobil Toyota Fortuner. Beserta dua mobil itu, diamankan pula dua orang yang mengemudkan kendaraan tersebut. Semua lobster tersebut akan dilepas menuju habitatnya.

Tribudi memaparkan, kedua orang itu diduga melakukan tindak pidana bidang perikanan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 88 jo pasal 16 ayat (1) dan/atau Pasal 100 jo Pasal 7 ayat (1) UU RI No 31 tahun 2004 tentang Perikanan sebagaimana telah diubah dengan UU RI No 45 tahun 2009 dan/atau Pasal 55 Ayat (1) Ke-1 KUHP . Adapun ancaman pidana penjaranya paling lama 6 tahun dan denda paling banyak Rp1,5 miliar. (KBRN/442)

BERITA TERKAIT

Komunitas