ABF Latih Awak Kapal Pengawas Perikanan Indonesia

Minggu, 08 April 2018, 20:06 WIB

Awak Kapal Peserta Vessel Search Course

AGRONET - Indonesia memiliki 13.667 pulau dengan luas perairan sekitar 3,1 juta km2. Luas perairan yang hampir dua kali luas daratan Indonesia ini tentu memerlukan pengawasan yang ekstra. Oleh karena itu, Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) bekerjasama dengan Australian Border Force (ABF) melaksanakan Vessel Search Course (VSC) bagi para Awak Kapal Pengawas Perikanan (AKP).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua gelombang, pertama dilaksanakan di Pontianak pada tanggal 26 Februari-1 Maret 2018 lalu dan kedua dilaksanakan di Kupang pada tanggal 5-8 Maret 2018 lalu. Masing-masing gelombang dikuti oleh 16 peserta dari Ditjen PSDKP, yang terdiri dari perwakilan Awak Kapal Pengawas Perikanan dan Direktorat teknis lingkup PSDKP.

Pelatihan VSC ini merupakan implementasi dari kerja sama Indonesia dengan Australia melalui Forum Pengawasan Perikanan Indonesia-Australia (Indonesia-Australia Fisheries Surveillance Forum/IAFSF).

Kegiatan yang dipandu oleh instruktur dari ABF College, Sydney, dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan para AKP di lingkungan Direktorat Jenderal PSDKP dalam melaksanakan operasi pengawasan terhadap kapal-kapal pelaku Illegal, Unreported, and Unregulated (IUU) Fishing. Sehingga akan meningkatkan keberhasilan operasi kapal pengawas dalam menjaga kedaulatan pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan di perairan Indonesia. (Biro Humas dan Kerja sama KKP)