Kemendag Bahas Daya Saing Produk Pertanian di Pasar Global

Senin, 16 April 2018, 11:20 WIB

Produk Pertanian | Sumber Foto:Pixabay

AGRONET – Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan (BPPP) Kementerian Perdagangan mengadakan Seminar Nasional pada hari Kamis (12/4) di IPB International Convention Center, Bogor, Jawa Barat dengan tema 'Perdagangan Internasional Produk Pertanian: Peluang dan Tantangan'.

“Melihat situasi perdagangan global saat ini, Kemendag menyadari bahwa peluang ekspor produk-produk pertanian Indonesia masih terbuka lebar dengan permintaan yang terus meningkat. Namun, tantangan perdagangan juga semakin kompleks, apalagi di era ekonomi digital ini,” kata Kepala BPPP Kasan dalam sambutannya.

Sebagai contoh, kata Kasan, minyak kelapa sawit dan produk turunannya adalah komoditas pertanian unggulan yang memiliki peluang ekspor. Namun pada saat yang sama, minyak kelapa sawit dan produk turunannya mendapat diskriminasi dari negara-negara tujuan ekspor Indonesia seperti Uni Eropa, Amerika Serikat (AS), dan India.

“Permasalahan ini menuntut strategi perdagangan yang komprehensif, baik dari sisi diplomasi, hukum, maupun keilmuan, serta membutuhkan dukungan dari berbagai pemangku kepentingan terkait,” kata Kasan.

Selain itu, lanjut Kasan, hubungan dagang yang memanas antara AS dan China ke arah perang dagang turut mewarnai situasi perdagangan global yang berisiko memperlambat pertumbuhan ekonomi global dan mempengaruhi harga komoditas produk pertanian dunia. Namun, Indonesia tetap dapat mencari peluang yang menguntungkan sebagai mitra dagang utama dari kedua negara yang berseteru itu.

Sementara itu dari sisi perkembangan teknologi, kehadiran revolusi industri 4.0 telah mengubah peta konektivitas antara manusia, mesin, dan data. Komoditas pertanian adalah salah satu bagian penting dalam perdagangan di era digital karena berkaitan erat dengan pangan yang dapat memberikan efek multipel bagi pertumbuhan ekonomi.

“Hal ini mengingat lebih dari 50% penduduk Indonesia adalah pengguna internet aktif dan Indonesia juga ditargetkan menjadi kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2020. Perdagangan dituntut menjadi semakin efisien dan konsumen diuntungkan dengan berbagai kemudahan,” ungkap Kasan.

Dalam seminar kali ini, ada lima isu yang menjadi fokus pembahasan yaitu promosi ekspor dan peningkatan daya saing ekspor produk pertanian; perdagangan produk pertanian menghadapi kebijakan proteksionis negara tujuan ekspor; perdagangan internasional produk pertanian di era ekonomi digital; perdagangan internasional produk pertanian sebagai bagian strategi stabilisasi pasar domestik; serta perdagangan produk pertanian dan pemenuhan bahan baku industri dalam negeri. (Biro Humas Kemendag/222)