AS Tarik Peredaran 207 Juta Telur Ayam

Senin, 16 April 2018, 12:35 WIB

Telur ayam.

AGRONET-Petaka telur ayam bermasalah menimpa tak kurang dari sembilan negara bagian di Amerika Serikat (AS). Sebanyak 22 orang di wilayah itu mengalami gangguan kesehatan setelah mengonsumsi telur ayam dari sebuah produsen yang sama.

Berdasarkan situs Food Safety News, sekitar 207 juta telur ayam ditarik peredarannya di sembilan negara bagian AS sejak kemarin (15/4). Kesembilan negara bagian itu adalah Virginia, Virginia Barat, Karolina Utara, Karolina Selatan, Florida, New York, Pennsylvania, Kolorado, dan New Jersey.

“Produsen telur Rose Arce Farms, atas perintah lembaga berwenang, menarik peredaran telur-telur bermasalah itu,” kata pejabat dari Administrasi Makanan dan Obat Federal AS. Kejadian ini merupakan peristiwa penarikan telur terbesar dalam kurun sekitar 10 tahun terakhir ini.

Menurut situs tersebut, teur-telur ayam itu diduga sudah terkontaminasi bakteri Salmonella braenderup. Ini merupakan organisme yang dapat menyebabkan infeksi serius pada saluran pencernaan.

Bahkan untuk anak kecil, lanjut usia, serta orang yang dalam kondisi sakit, dan mereka yang kondisi kekebalan tubuhnya bermasalah, bisa berakibat fatal jika mengonsumsi telur yang mengandung bakteri tersebut. Penarikan besar-besaran telur ayam itu semata-mata untuk mencegah timbulnya korban lebih banyak lagi.

Telur berisiko tersebut merupakan produksi dari sebuah peternakan besar di Hyde Country, Karolina Utara. Peternakan tersebut memiliki sekitar tiga juta ayam petelur.

Setiap harinya tak kurang dari 2,3 juta telur ayam dihasilkan dari peternakan ini. Sebaran telur terbanyak memang melingkupi sembilan negara bagian tersebut. Di wilayah negara bagian lain, yang sebarannya tak terlalu banyak , peredaran telur tersebut juga ditarik. (442)

BERITA TERKAIT