Komisi IV DPR Minta Sentra Kuliner Produk Olahan Ikan Diperbanyak

Senin, 16 April 2018, 14:24 WIB

Anggota Komisi IV DPR, Siti Hediati Soeharto, menerima cendera mata dari Pjs Wali Kota Palembang, Akhmad Najib, disaksikan oleh Ketua Komisi IV DPR, Edhy Prabowo (baju cokelat), akhir pekan lalu di Palembang. | Sumber Foto:Humas Pemko Palembang.

AGRONET-Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melakukan kunjungan kerja ke Sentra Kuliner Ikan Area Monpera Palembang. Kunjungan kerja ini untuk melihat sejauh mana program Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberi manfaat bagi masyarakat di wilayahnya.

“Ini memang khusus kunjungan kerja untuk program KKP,” kata Ketua Komisi IV DPR, Edhy Prabowo, dalam siaran persnya akhir pekan lalu (13/4). Anggota Komisi IV DPR yang ikut serta dalam rombongan antara lain: Siti Hediati Soeharto, Ahmad Yohan, Guntur Sasono, M Nasyit Umar, Fadholi, Andi Akmal Pasaludin, Fauzi Amro. Selain itu, ada pula Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP, Nilanto Perbowo, dan Direktur Kapal dan Alat Penangkapan Ikan KKP, Agus Suherman.

Edhy menuturkan sentra kuliner tersebut merupakan tempat pemasaran hasil produk olahan ikan. “Tempat kuliner semacam ini harus banyak dibangun untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, dengan anggaran KKP sekitar Rp7 triliun, jika sebanyak Rp50 miliar digunakan untuk membangun sentra kuliner seperti itu maka Komisi IV DPR akan memberikan dukungan penuh. Dia juga yakin program semacam ini amat dibutuhkan masyarakat.

Pandangan senada disampaikan Pjs Wali Kota Palembang, Akhmad Najib. Menurut Najib, sentra kuliner semacam ini memang sangat memberi nilai positif dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

Dia menjelaskan tingginya konsumsi ikan di wilayahnya. “Ikan untuk bahan pembuatan pempek saja membutuhkan hampir 6,4 ton per hari. Jadi, bahan baku ikan memang amat dibutuhkan,” paparnya. (442)

BERITA TERKAIT

Komunitas