PT Pupuk Indonesia Kembangkan BUMDes

Kamis, 19 April 2018, 16:57 WIB

Logo PT. Pupuk Indonesia | Sumber Foto:PT. Pupuk Indonesia

AGRONET-PT Pupuk Indonesia berkomitmen untuk ikut mengembangkan perekonomian perdesaan. Langkah itu ditempuh antara lain dengan mendirikan usaha di desa-desa.

“Kami ikut mendorong usaha dan berkembangnya Badan Usaha Milik Desa (BMUDes). Ini merupakan salah satu upaya meningkatkan ketahanan pangan,” kata Dirut PT Pupuk Indonesia, Aas Asikin, di sela kunjungan Menteri negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, di Karawang, Jawa Barat, Kamis (19/4).

Asikin mebambahkan, keberadaan BUMDes akan mengoptimalkan potensi serta hasil dari produk masyarakat desa. Keberadaan BUMDes itu dianggapnya sebagai pemberian jaminan atau kepastian untuk menyerap produk yang dihasilkan masyarakat di desa.

Ia menjelaskan, di Kecamatan Tempuran, Karawang, PT Pupuk Indonesia mendirikan BUMDes PT Mitra Desa Bersama Tempuran (MDBT) yang merupakan kerja sama dengan petani setempat. Pemilik PT MDBT adalah seluruh petani di kelompok tani Harapan Tani di Kecamayan Tempuran, Karawang.

MDBT ini akan menyerap seluruh hasil panen petani. Kemudian gabah kering panen (GKP) dari petani itu akan diproses di unit pengolahan gabah (UPG) Rawamerta yang merupakan milik PT Pupuk Indonesia Pangan (anak perusahaan PT Pupuk Indonesia). Dengan demikian, tutur Asikin, pengelolaan pertanian menjadi lebih sederhana atau satu pintu saja.

Di samping itu, jelasnya, kualitas beras hasil panen juga bisa terjaga dengan baik. Hal ini lantaran proses pengolahan tersebut mengacu pada standar yang ada. (442)

BERITA TERKAIT