Harga Daging Sapi di Belitung Timur Tertinggi Rp 160 Ribu

Senin, 11 Juni 2018, 11:47 WIB

Daging sapi

AGRONET - Para pedagang daging sapi di Kabupaten Belitung Timur menjanjikan harga daging sapi tertinggi untuk Kabupaten Beltim Rp 160 ribu per kilogram. Mereka akan mengupayakan harga tersebut khusus untuk sapi yang akan didatangkan dari Madura.

Sebelumnya para pedagang sapi tersebut diberikan sosialisasi dari Satuan Tugas (Satgas) Pangan Kabupaten Beltim mengenai Harga Eceran Tertinggi (HET) daging sapi, di depan Pasar Lipat Kajang Manggar. Satgas pangan mengingatkan tentang konsekuensi hukum jika pedagang melampaui HET yang sudah ditetapkan yakni Rp 120 ribu per kilogram.
Juru bicara pedagang sapi, Ali (40) mengatakan jika khusus untuk sapi dari Madura sudah ditetapkan dari tauke sapi Rp 150 ribu perkilogram. Hal itulah yang membuat para pedagang terpaksa menjual dengan harga di atas HET.

“Rekan-rekan kami dak berani motong sapi, sebab harga sapi dari sananya sudah mahal. Kami itu ditekankan boleh jualin sapi dari tauke-tauke Madura itu, tapi dengan harga Rp 150 perkilo,” terang Ali, Minggu (10/6/2018).

Otomatis dengan harga yang sudah diberikan, mereka harus menaikkan Rp10 ribu untuk biaya operasional dan keuntungan. Dengan harga daging sapi Rp160 ribu perkilo, diakuinya sudah cukup untuk pedagang.

“Kalau berdagang kan mau untung juga, untuk biaya karyawan, transportasi. Makanya kemungkinan harga Rp160 ribu itu sudah mentok, kalau sampai di atas itu daklah,” kata Ali.

Pedagang sapi musiman yang sudah 13 tahun berjualan itu mengakui mereka juga terbantu dengan adanya pengadaan daging sapi beku oleh pemerintah. Dengan begitu stok yang akan mereka datangkan dari Madura dapat mencukupi untuk persediaan di Kabupaten Beltim.

“Insya Allah kita jamin paling tinggi segitulah. Alhamdulillah dari pemerintah juga mengadakan daging beku, jadi kita terbantu. Pokoknya stok daging sapi untuk Kabupaten Beltim cukup,” ujar Ali.
Harga jual daging sapi di Pasar Lipat Kajang saat ini mencapai Rp 140 ribu perkilogram. Diperkirakan harga akan naik hingga satu hari menjelang Idulfitri. (KBRN/222)

 

BERITA TERKAIT