Harga Kebutuhan Pokok Mulai Turun

Selasa, 19 Juni 2018, 09:10 WIB

Daging sapi. | Sumber Foto:Istimewa

AGRONET--Setelah mengalami lonjakan sebelum dan selama lebaran, harga kebutuhan pokok (pangan) kembali normal dan stabil. Kementerian Pertanian (Kementan) menyatakan hal itu dari hasil pantauan harga bahan pokok hingga H+3 lebaran.

“Terjadi penurunan harga yang cukup memadai untuk komoditas kentang, gula pasir, tepung terigu, bawang putih, dan bawang merah. Harga minyak goreng curah, cabai merah, dan cabai keriting juga sudah normal,” kata Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan Kementan, Riwantono, di Jakarta kemarin (18/6).

Ia menambahkan harga beras di Jakarta pun sudah mengalami penurunan. Harga daging sapi, tuturnya, sudah turun sekitar Rp3.000 dari semula Rp150.000 per kg. Pantauan harga–harga ini dilakukan di lima wilayah ibu kota.

Penurunan harga kebutuhan pokok juga terjadi di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah. Dia menjelaskan, penurunan harga itu terjadi karena pasokan pangan tersedia dan cukup aman.

Menurut Riwantono, cabai keriting mengalami penurunan harga cukup besar. Dari semula Rp40.000, harga cabai keriting turun menjadi Rp35.000 per kg. Harga daging ayam, dari Rp50.000 berubah menjadi Rp46.000 per kg.

Penurunan harga paling mencolok terjadi pada daging sapi. Harganya kini menjadi Rp135.000, dari semula Rp150.000 per kg. Sedangkan harga tepung terigu menjadi Rp6.500 dari sebelumnya Rp7.000 per kg.

Berdasarkan keterangan Direktur Pengolahan Pemasaran Hasil, Ditjen Hortikultura, Kementan, Taufik Yazid, pasokan bahan pangan dari petani dan produsen berjalan lancar. Ini juga menjadi sebab stabilnya harga kebutuhan pokok usai lebaran.

“Harga bahan pokok memang telah normal dan stabil dibanding saat menjelang lebaran,” kilah Taufik. Ia yakin kondisi ini akan terus terjaga. (442)

BERITA TERKAIT