Harga Cabai di Lampung tak Lagi ‘Pedas’

Selasa, 19 Juni 2018, 09:48 WIB

Cabai merah. | Sumber Foto:Istimewa

AGRONET--Cabai di Lampung menjelang dan saat lebaran lalu tergolong komoditas yang harganya melonjak cukup tinggi. Namun sejak kemarin (18/6), harga cabai di sana tak lagi ‘pedas’ alias mulai turun.

Harga cabai merah yang sempat naik di kisaran Rp50-55 ribu per kg, sekarang turun menjadi sekitar Rp30 ribu per kg. Hanya cabai rawit yang masih bertengger di atas.

“Harga cabai rawit dari kawasan pegunungan masih sekitar Rp54 ribu per kg. Ini karena pasokannya masih terbatas dan belum banyak pedagang yang berjualan usai lebaran,” kata pedagang pasar di Lampung bernama Suyadi.

Cabai jenis ini, ujar Suyadi, kebanyakan berasal dari Liwa di Lampung Barat. Sebagian lagi malah harus didatangkan dari Pulau Jawa.

Padagang lain di Pasar Sukarame Bandarlampung bernama Nur Ihsan menjelaskan, di semua pasar harga cabai memang sudah relatif stabil. Menurut dia, dalam kondisi normal, rata-rata harga cabai memang sekitar Rp30-38 ribu per kg.

Ia menambahkan, setelah lebaran ini permintaan masyarakat atas komditas cabai juga mengalami penurunan.Masyarakat pada umumnya banyak membeli sayuran dan daging, baik ayam maupun sapi.

Selama 2016, produksi cabai merah di Lampung mencapai 34.821 ton. Ini merupakan kenaikan dari tahun sebelumnya yang 31.272 ton. Adapun produksi cabai rawit di sana pada 2016 sekitar 15.823 ton. Angka itu sedikit naik dari tahun 2015 yang 14.727 ton. (442)

BERITA TERKAIT