HKTI Tetapkan 10 Inovator Pertanian

Rabu, 27 Juni 2018, 16:49 WIB

Tanaman padi. | Sumber Foto:Istimewa

AGRONET--Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) telah memilih 10 orang sebagai penerima Penghargaan Inovasi HKTI 2018. Mereka akan menerima penghargaan itu bersamaan dengan acara Forum Pangan dan Pertanian Asia (ASAFF) 2018 yang akan diselenggarakan di Balai Sidang Jakarta pada 28-30 Juni ini.

Koordinator Penghargaan Inovasi HKTI, Dr Avanti Fontana, menjelaskan ada puluhan peserta yang mengikuti seleksi untuk menerima penghargaan tersebut. “Tim juri yang berasal dari pakar dan praktisi bidang inovasi pertanian yang melakukan seleksi dan kemudian menetapkan 10 nama itu,” kata Avanti dalam siaran pers kemarin (26/6).

Seluruhnya ada 67 nama yang ikut seleksi. Mereka berasal dari 16 provinsi, tuturnya. Sebanyak 12 penilai melakukan seleksi tahap akhir terhadap 21 peserta yag masuk final.

Latar belakang peserta berasal dari pelbagai profesi bidang pertanian. Antara lain ada yang praktisi, pemuda/pemudi tani, akademisi, komunitas petani, penyuluh, dan bahkan guru.

Menurut Avanti yag juga staf pengajar manajemen inovasi di Universitas Indonesia ini, mereka dinilai atas karya atau aktivitasnya dalam inovasi pertanian sepanjang lima tahun terakhir ini. Tipe inovasi yang diberikan meliputi bidang: on-farming innovation, off-farming innovation, dan social innovation.

Di samping tiga tipe atau kategori ini, HKTI juga memberikan penghargaan khusus bagi generasi muda inovator. “Tujuannya untuk memacu semangat generasi muda agar kian mencintai dunia pertanian,” paparnya.

Ketua Umum HKTI, Moeldoko, menambahkan penghargaan ini sebagai upaya pemberdayaan petani dan mengembangkan pertanian serta teknologi yang terkait. Dia kembali menekankan pentingnya petani untuk menguasai teknologi pertanian serta inovasinya.

Meski demikian, Moeldoko tetap berharap supaya petani tetap mempertimbangkan kearifan lokal dalam penggunaan teknolog. Ini dimaksudkan agar perkembangan teknologi pertanian dan budaya masyarakat setempat bisa saling melengkapi. (442)

BERITA TERKAIT