Kapal Keruk Terbakar di Pelabuhan Tegal

Senin, 30 Juli 2018, 13:02 WIB

Kapal keruk Bangun Samudera terbakar di Tegal, | Sumber Foto:Istimewa

AGRONET--Musibah kapal terbakar terjadi di Pelabuhan Kota Tegal, Jawa Tengah, pagi ini (30/7). Satu unit kapal keruk (kursin) Bintang Samudera yang sedang bersandar dilahap api.

Penyebab terjadinya kebakaran masih dalam penyelidikan. Menurut keterangan salah satu petugas kapal bernama Sikrom, saat itu dia sedang membersihkan dek bawah kapal. Secara tiba-tiba, dia melihat asap mengepul dari kapal tersebut.

“Kami lalu mengecek ke atas. Setelah kami lihat, ternyata sumber api berasal dari dalam ruang anak buah kapal (ABK),” kata dia.

Dari informasi sementara, kobaran api diduga bermula dari upaya pengelasan di ruang ABK. Kala itu, petugas memang sedang mengelas freezer yang ada di ruang tersebut. Para ABK di sekitar kejadian memperkirakan, percikan api itu terjadi karena hubungan arus pendek .

Percikan api las kemudian menyambar bahan bakar solar dalam tangki yang berada tak jauh dari lokasi pengelasan. Api pun membesar. Tak terelakkan, badan kapal juga ikut hangus terbakar.

Pekerja dan ABK yang ada di sekitar kejadian seketika berupaya memadamkan api. Akan tetapi, api terus menjalar ke bagian lain.

Para pekerja lalu mencari bantuan. Barulah setelah sekitar 30 menit usai kejadian, petugas dari TNI AL serta aparat Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) yang ada di lapangan segera datang setelah diberi tahu ada kapal terbakar. Kobaran api akhirnya bisa dipadamkan. Namun, kondisi kapal itu sudah tak bisa diselamatkan.

Kerugian akibat kebakaran tersebut ditaksir mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah. Sampai sekarang, tak ada laporan korban jiwa akibat peristiwa itu. (442)

 

BERITA TERKAIT

Komunitas