Lima Varietas Padi Unggul di Lahan Rawa Hadir di Harteknas 2018

Rabu, 08 Agustus 2018, 17:06 WIB

Ilustrasi

AGRONET--Setiap tahunnya gelaran menyambut Hari kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas), KemenristekDikti menjadi salah satu simbol bangkitnya teknologi dan daya inovasi anak bangsa.

Pemerintah Provinsi Riau akan menjadi tuan rumah Harteknas ke 23 tahun 2018 yang puncaknya dilaksanakan 10 Agustus mendatang di Pekanbaru, Riau.

Alasan Riau dijadikan tuan rumah karena Riau telah mampu menjadi lumbung energi nasional dan penyangga utama kebutuhan pangan di Pulau Sumatera, khususnya sektor pertanian dan perkebunan. Hal ini sesuai dengan tema yang diusung tahun ini, yakni "Inovasi untuk Kemandirian Pangan dan Energi".

Pada gelaran event bergensi ini BPTP Balitbangtan Riau bersama Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura, Kab Pelalawan Riau dengan bangga mempersembahkan 5 Varietas Unggul Lokal Padi Pasang Surut yang ditemukan oleh Pemulia BPTP Balitbangtan Riau, Dr. Parlin Sinaga. Lima varietas tersebut adalah Bono pelalawan (Padi genjah pasang surut produksi tinggi), Cekau Pelalawan (Varietas unggul lokal rawa pasang surut), Mendol Pelalawan (padi pasang surut sangat genjah), dan Inpara Pelalawan (Padi pasang surut sangat genjah produksi tinggi, aromatik).

Kelima varietas tersebut merupakan varietas padi yang diperuntukan bagi optimalisasi produksi padi di lahan rawa, guna mendukung program strategis Kementerian Pertanian wujudkan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia. Dalam banyak kesempatan Menteri Amran bertekad membangunkan lahan rawa sebagai raksasa tidur dengan potensi produksi padi yang luar biasa di masa depan. (222)

 

BERITA TERKAIT