Menikmati Segarnya Mangga di TTP Gresik

Kamis, 09 Agustus 2018, 11:33 WIB

Peluncuran Taman Teknologi Pertanian Gresik, Rabu (08/08) | Sumber Foto:Istimewa

AGRONET—Kabupaten Gresik kini memiliki Taman Teknologi Pertanian Plus (TTP). Wilayah tepatnya berada di di Desa Sukodono, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.Dari total 50 hektare lahan yang dihibahkan oleh Achmad Djauhar Arifin, chairman Polowijo Gosari Group, 40 hektare lahannya digunakan sebagai waduk, sedangkan 10 hektarenya dijadikan sebagai kawasan wisata agro, wisata air dan wisata edukasi.

Di TTP Gresik ini juga telah berdiri area pengembangan sapi unggul yang sudah beranak pinak serta kegiatan pengolahan pasca panen, misalnya ada pembuatan makanan ternak dari bungkil jagung, jajanan yang berbahan dasar jagung, es krim dari jagung serta pembuatan dodol mangga.

Saat peresmian TTP Gresik tersebut, Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, sempat menyatakan kebanggaannya dengan tanaman mangga yang dikembangkan di wilayah itu.

"Saya sangat senang begitu menginjakkan kaki di sini. Hamparan lahan mangga yang begitu luas. Hal itu merupakan suatu langkah strategis untuk mensejahterakan para petani setempat. Melalui TTP ini, diharapkan mampu mengentas kemiskinan di wilayah ini. Kalau pertanian tumbuh baik, maka masyarakat petani pasti sejahtera. Dan itu sudah ada tanda-tanda di sekitar tempat ini," tandas Amran.

Taman Teknologi Pertanian (TTP) Plus Gresik merupakan salah satu langkah inovasi pertanian yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian. Adanya komitmen pihak swasta (PT. Polowijo Gosari Group) dalam pengelolaan TTP dinilai menjadi contoh ideal adanya peran swasta sebagai salah satu pilar utamanya.

“TTP seluas 10 hektar ini dibangun di atas lahan yang dihibahkan oleh PT Polowijo Gosari. Perusahaan kami menghibahkan lahan seluas 50 hektar. 10 hektar di antaranya dipakai untuk proyek TTP Plus. Sedangkan sisanya yakni seluas 40 hektar tetap digunakan sebagai waduk,” kata chairman PT Polowijo Gosari Group Achmad Djauhar Arifin, Rabu (8/8).

Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto, berkomitmen akan mengembangkan kawasan TTP ini, sehingga harapan untuk meningkatkan kesejahteraan para petani dapat terwujud.

“Kami di jajaran Pemerintah Kabupaten Gresik berkomitmen mengembangkan kawasan TTP ini. Hal tersebut merupakan salah satu upaya Pemerintah dalam pengentasan kemiskinan di seluruh wilayah Kabupaten Gresik. ” ujarnya.

Selain sebagai salah satu upaya pengentasan kemiskinan, budidaya mangga ini dapat meningkatkan produksi ekspor negara yang menghasilkan devisa. Bupati Sambari juga berkeinginan agar ke depan Gresik menjadi sentra komoditas mangga terbesar.

Dalam waktu dekat kawasan ini akan terkoneksi dengan kawasan sekitar untuk menjadi Kawasan wisata masa depan, ada wisata bahari di Desa Ngimboh, wisata air tawar Banyubiru dan wisata Pantai Delegan. (222)

BERITA TERKAIT