Babel Galakkan Diversifikasi Pangan

Sabtu, 11 Agustus 2018, 17:41 WIB

Aneka jenis makanan. | Sumber Foto:Istimewa

AGRONET—Provinsi Bangka Belitung menggalakkan program diversifikasi pangan. Langkah di dilakukan untuk mencegah terjadinya ketergantungan pangan pada komoditas tertentu.

Program diversifikasi pangan itu mereka namakan Gema Sabuk Amang. Nama itu merupakan singkatan dari gerakan makan sayuran, buah, umbi-umbian, kacang-kacangan, dan ayam merawang. Program itu ditetapkan berdasarkan Peraturan Gubernur Bangka Belitung Noor 30 Tahun 2018.

“Saya berharap ini disosialisasikan pada masyarakat luas. Jangan sampai program ini hanya berjalan di wilayah provinsi tetapi seluruh kabupaten juga harus menindaklanjuti,” kata Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, di Bangka Tengah kemarin dalam acara Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman.

Sementara itu, Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan, Tri Agustin Satriani, menyatakan agar gerakan lomba cipta menu tak sekadar seremonial saja. “Menu beragam itu harus diterapkan dalam kehdupan sehai-hari,” paparnya.

Keragaman menu, tuturnya, sangat penting. Hal ini supaya ketahanan pangan lebih kuat lantaran ketergantungan pada satu komoditas bisa dihindari.

Lomba ini juga akan diadakan di tingkat nasional. Kabupaten Banngka Tengah yang memenangkan lomba tersebut akan menjadi wakil Provinsi Babel. (442)

BERITA TERKAIT