Agrinex Expo Diharapkan Jadi Sarana Membuka Akses Pasar

Jumat, 07 September 2018, 13:46 WIB

Ketua Panitia Agrinex Expo 2018, Rifda Ammarina. | Sumber Foto:Hamdan Zalik

AGRONET--Agrinex Expo kembali digelar di Balai Sidang Jakarta (Jakarta Covention Center/JCC) pada -9 September 2018. Pameran yang digelar untuk kali ke-12 ini mengambil tema “Food Securiity and Social Agroforestry in MillenniaIl Generation Era”.

Acara ini melibatkan pelaku agribisnis, akademisi, dan pemangku kepentingan. Berbagai kegiatan akan mengisi acara ini, antara lain: seminar, pameran, dan talkshow

Penyelenggara pameran ini adalah PT Performax (PT Puteri Cahaya Kharisma). Performax bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor  (IPB) dan Taman Buah Mekarsari. 

Menurut Ketua Panitia Agrinex Expo, Rifda Ammarina, kegiatan ini merupakan ajang pengembangan produk. Selain itu, pameran ini juga diharapkan bisa menjadi jembatan untuk membuka akses pasar, kreativitas, serta langkah berkelanjutan dalam, pengembangan agribisnis di Indonesia.

“Tema social agroforestry yang diangkat dalam ekspo ini merupakan langkah positif dengan memberikan akses lahan tanpa harus memiliki bagi masyarakat sekitar hutan. Ini agar mereka bisa memproduksi pangan, baik pertanian, peternakan, perikanan, dan tanaman industri,” kata Rifda.

Ia menambahkan, saat ini teknologi sangat mendukung dan dapat mempermudah para petani dan pelaku agribisnis muda sehingga dapat mewujudkan idenya dalam wadah digital. Hal ini bisa dilakukan mulai dari persiapan lahan, benih, pengolahan lahan, penanaman, panen, pascapanen, hingga akses ke pasar.

“Semua ini diharapkan dapat menciptakan suatu sistem pertanian yang menguntungkan. Bagi para generasi muda khususnya, mereka dapat mengikuti dan mengembangkan inovasi teknollogi di bidang agribisnis,” papar Rifda. (591)