Harga Kedelai di Soreang Mulai Merangkak Naik

Sabtu, 08 September 2018, 19:49 WIB

kedelai. | Sumber Foto:Istimewa

AGRONET—Makin menguatnya nilai mata uang dolar AS terhadap rupiah mulai berdampak pada komoditas pangan. Harga kedelai di Pasar Soreang, Bandung pun ikut naik.

Menurut pedagang Pasar Soreang, Agus Rahmat, harga kedelai kini sekitar Rp8.000 per kg. Dua hari sebelumnya harganya masih Rp7.750 per kg. Agus mengakui, bahwa kedelai ini merupakan komoditas impor.

Hal serupa dikemukakan oleh pedagang lain bernama Gozali. “Harga kedelai memang sedikit naik. Tapi tampaknya belum berpengaruh besar terhadap kenaikan harga tempe atau tahu,”ungkapnya kemamrin (7/9) di Bandung.

Namun, bukan tidak mungkin para penjual tahu dan tempe akan menaikkan harga dalam beberapa hari mendatang. Ia mengemukakan, biasanya keputusan untuk menaikkan harga tahu dan tempe ini dilakukan secara bersama-sama oleh para penjualnya.

Harga tahu kini masih di kisaran Rp450 per biji. Adapun harga tempe Rp400 per batang.

Dalam kesempatan terpisah, Bupati Bandung, Dadang M Naser, meminta supaya masyarakat lebih mengutamakan produk lokal. Dengan cara ini, maka produk lokal akan kian berkembang dan kesejahteraan para petani juga meningkat.

“Saya mendengar, harga jagung dan pakan ternak juga sudah mulai naik. Ini merupakan produk impor. Sangat mungkin ini berdampak pada produk lain yang terkait,” paparnya.  

BERITA TERKAIT