Nelayan Diminta Manfaatkan Teknologi Digital

Senin, 10 September 2018, 14:43 WIB

Para nelayan di pelabuhan. | Sumber Foto:Istimewa

AGRONET--Untuk kian meningkatkan kehidupannya, nelayan diminta memanfaatkan potensi teknologi digital. Dengan teknologi digital, nelayan dapat langsung menjual hasil tangkapannya kepada konsumen tanpa melalui tengkulak.

Direktur Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal (Dirjen PDT) Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (kemendes dan PDT), Samsul Widodo, menjelaskan potensi ekonomi dan teknologi digital didukung banyaknya masyarakat Indonesia sebagai pengguna internet. “Saya mengajak nelayan agar dapat memanfaatkan potensi ekonomi dan teknologi tersebut,” jelasnya dalam kuliah umum di Universitas Samawa di Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat, kemarin (9/9).

Samsul Widodo berharap, Sumbawa dapat mengekspor hasil perikanan karena memiliki potensi ikan hasil laut yang besar. Hal tersebut dia lihat dari hasil laut yang ditemukan tim Ditjen PDT di Sumbawa. Di sana terdapat ikan tuna seberat 55 kg/ekor.

Pada kesempatan itu Rektor Universitas Samawa, Syafruddin, menyampaikan bahwa lembaganya membutuhkan pemikiran dan semangat untuk maju dalam dunia pendidikan. Ia mengatakan kuliah umum dari Dirjen PDT sesuatu yang bernilai mahal.

"Ilmu dan pengetahuan itu mahal, namun kuliah umum ini didapatkan gratis dari dirjen PDT," katanya. Hadir dalam kuliah umum itu antara lain wakil rektor, dekan, wakil dekan, ketua program studi, dosen dan mahasiswa, serta kepala dinas pertanian Kabupaten Sumbawa. (KBRN/591)