Spektra Horti 2018

Liburan di Lembang dengan Inovasi Pertanian

Jumat, 21 September 2018, 10:32 WIB

Pembukaan Spekta Horti 2018 oleh Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, Kamis (20/9) | Sumber Foto:Istimewa

AGRONET—Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian bekerja sama dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Hortikutura melakukan sosialisasi inovasi teknologi pertanian yang telah diciptakannya. Dengan fokus pada inovasi teknologi hortikultura, acara yang dinamakan Spekta Hortikultura (Spekta Horti) 2018 ini digelar di Balai Penelitian Tanaman Sayuran, Lembang, Bandung Barat. Kegiatan ini berlangsung tiga hari, dari tanggal 20-23 September 2018. Spekta Horti sendiri pertama kali dilaksanakan pada tahun 2012.

Dengan tema “Benih Hortikultura untuk Kesejahteraan masyarajak dan Pengentasan Kemiskinan”, Spekta Horti 2018 berisikan beragam kegiatan. Dari pameran inovasi teknologi pertanian, bazar produk hortikultura yang diikuti oleh UKM, unit kerja, unit pelaksana teknis, dan beberapa perusahaan swasta terkait.

Gelar inovasi teknologi pertanian dalam acara ini cukup lengkap, dari hulu sampai hilir. Meliputi precision farming, integrated farming system, urban farming, protected farming, organic farming, genetic resources, dan mechanization.

Kegiatan pelatihan juga digelar untuk mengenalkan penggunaan teknologi terapan terbaru yang dikembangkan Balitbangtan. Kegiatan pelatihan ini terbuka untuk masyarakat umum.

Selain itu, ada juga pemberian Horti Award kepada beberapa tokoh yang memiliki peran dalam perkembangan hortikultura di Indonesia, seperti petani champion, tokoh yang melahirkan undang-undang di bidang horti, petani pelestari hortikultura, dan lain-lain.

Kegiatan yang lebih menghibur dan pengembangan hobi juga tersedia dalam Spekta Horti 2018 ini. Ada Horti Cooking dan Food Stylish bagi masyarakat yang senang berkreasi dalam menyajikan menu makanan berbahan hortikultura. Ada juga Youth Hortipreneurship, sebagai upaya menfasilitasi enterpreneur muda dengan memberikan ruang menyampaikan gagasannya dalam pameran dan talkshow. Sehingga produk petani atau pengusaha muda pertanian ini dapat dikenal masyarakat lebih luas.

Fasilitasi bagi pebisnis juga terbuka di Spekta Horti 2018. Dengan adanya Horti Bizz, pelaku bisnis hortikultura dapat saling bersinergi untuk mengembangkan bisnisnya. Jadi, bagi Anda yang hobi berkebun, pelaku bisnis hortikultura, atau sekadar ingin menghabiskan akhir pekan di seputar Lembang, Bandung Barat, akan rugi bila tidak singgah di acara Spekta Horti 2018, agro inovasi fair dan florikultura Indonesia, yang hanya digelar setahun sekali ini. (222)