Kementan Bantu Rp10 Miliar untuk Sulteng

Senin, 01 Oktober 2018, 15:06 WIB

Porak-poranda akibat gempa di Sulteng.

AGRONET—Kementerian Pertanian berkomitmen untuk meringankan beban korban gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah. Upaya yang dilakukan Kementan adalah dengan memberikan bantuan senilai Rp10 miliar yang akan segera disalurkan.

“Itu dana yang telah terkumpul. Ada yang dari swasta. Ada pula yang bantuannya berbentuk minyak goreng, telur, beras, dan lainnya,” unngkap Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, Senin [1/10], di Jakarta.

Bahkan di antara para penyumbang, tutur Amran, banyak yang tidak mau disebutkan namanya. “Kami mengucapkan terima kasih atas kepedulian mereka,” paparnya.

Mentan mengutarakan, Sulteng merupakan daerah penghasil beberapa komoditi pertanian. Komoditi yang dihasilkan Sulteng antara lain jagung dan kakao. Meski demikian, Amran yakin bencana itu tak berpengaruh atas produksi pertanian secara nasional.

Dia beranggapan duka Sulteng adalah juga duka jajaran Kementan. Hal ini karena sekitar 70 persen penduduk Sulteng bergiat di sektor pertanian.

Bantuan untuk korban gempa bumi dan tsunami di Sulteng [Palu, Donggala, Sigi, dan sekitarnya] akan dijalankan seperti bantuan untuk korban gempa bumi di Lombok. Kementan akan selalu berkoordinasi dengan posko bantuan nasional. Ini dimaksudkan untuk memudahkan penyaluran sehingga lebih tepat sasaran.

Beberapa program nasional Kementan juga sudah berjalan di daerah yang tertimpa bencana. Itu antara lain berupa santunan asuransi untuk petani maupun tanaman yang terkena bencana. [442]

BERITA TERKAIT