Banten Bangun Tempat Lelang Ikan Senilai Rp1,4 Miliar

Rabu, 10 Oktober 2018, 13:09 WIB

Para nelayan sedang mengangkut hasil tangkapan di pelabuhan pendaratan ikan. | Sumber Foto: KKP

AGRONET -- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menganggarkan Rp1,4 miliar untuk pembangunan tempat pelelangan ikan (TPI) di TPI II Labuan, Desa Teluk, Pandeglang, Banten. TPI ini nantinya dikelola secara modern, profesional, bersih dan lebih steril.

Direktur Pelabuhan Perikanan KKP, Frits P Lesnussa, menjelaskan untuk memastikan kualitasnya, ikan yang akan masuk ke TPI terlebih dahulu dipilah. “Juga, orang-orang yang masuk ke TPI harus dipastikan dalam kondisi steril,” ujarnya, kemarin (9/10).

Frits menambahkan di Banten ada dua TPI yang dibangun yakni di Pandeglang dan Lebak. Sesuai kontrak TPI dibangun pada 5 Oktober hingga 31 Desember 2018 dengan nilai Rp1,4 miliar.

TPI merupakan pasar yang biasanya terletak di dalam pelabuhan pendaratan ikan. Di tempat itu terjadi transaksi penjualan ikan atau hasil laut baik secara lelang maupun tidak.

TPI tersebut harus memenuhi kriteria, antara lain tempatnya tidak berpindah-pindah dan mempunyai bangunan tempat transaksi penjualan. Di TPI juga harus ada yang mengkoordinir prosedur lelang/penjualan, dan sudah mendapat izin dari instansi yang berwenang.

Saat ini Indonesia memilik lebih kurang 11 TPI higienis. Sebelumnya, hingga tahun 2017 ada 22 TPI higienis. (591)