Menteri KKP Ingin Generasi Muda Jadi Ahli Perikanan

Kamis, 11 Oktober 2018, 10:47 WIB

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meninjau pembangunan Poltek KP di Jembrana Bali. | Sumber Foto: KKP

AGORENT -- Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti, mengatakan pembangunan politeknik menjadi salah satu prioritasnya. Ia ingin membangun instansi pendidikan sebagai tempat anak bangsa menimba ilmu, khususnya di bidang kelautan dan perikanan.

Hal itu disampaikannya saat mengunjungi pembangunan lanjutan Politeknik Kelautan dan Perikanan (Poltek KP) di Jembrana, Bali, Rabu (10/10). Hadir mendampingi Susi, Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia KKP Sjarief Widjaja, Sekjen KKP Nilanto Perbowo, Dirjen Perikanan Tangkap Zulficar Mochtar, Bupati Jembrana I Putu Artha, dan Wakil Bupati  Jembrana I Made Kembang Hartawan.

Menurut Susi, bangsa Indonesia perlu membangun manusia-manusia kelautan dan perikanan yang terampil dan berdaya saing tinggi. Generasi saat ini dibutuhkan sebagai pengelola kekayaan laut Indonesia ke depan yang lebih unggul.

"Saya berkeinginan nantinya lebih banyak ahli kelautan dan perikanan. Itu cita-cita saya karena laut kita lebih luas dari pada daratan," lanjutnya.

Pada kesempatan itu Susi menyerahkan beasiswa bagi 36 taruna anak pelaku utama perikanan. "Mudah-mudahan bisa membantu masyarakat Jembrana untuk mempunyai ahli-ahli kelautan dan perikanan,” ujarnya.

Meski pembangunan Poltek KP Jembrana belum rampung, namun telah beroperasi selama tiga semester. Pembangunan terdiri dari gedung rektorat, ruang kelas, asrama putra dan putri, dan gedung pengajar. Target pembangunan akan diselesaikan akhir tahun ini. (591)