Gubernur Kalsel Apresiasi Optimalisasi Lahan Rawa Kementan

Jumat, 12 Oktober 2018, 08:30 WIB

Rapat koordinasi persiapan HPS 2018 di Kalimantan Selatan | Sumber Foto:Biro Humas dan Informasi Publik Kementan

AGRONET--Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, mengapresiasi dan menyambut positif program yang diinisiasi Kementerian Pertanian dalam hal optimalisasi lahan rawa sebagai salah satu solusi mewujudkan ketahanan pangan, di tengah peningkatan jumlah penduduk dan lahan pertanian yang semakin menyempit.

“Ini menjawab tantangan ke depan di mana ketahanan pangan harus bisa menjawab pesatnya laju pertumbuhan penduduk, dan menyusutnya luas dan produktivitas lahan pertanian," terang Sahbirin dalam jumpa pers persiapan Hari Pangan Sedunia (HPS) 2018 di Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Kalsel, pada Kamis (11/10).

Gubernur Kalsel yang sering disapa Paman Birin, juga mengatakan selain bertujuan menekan potensi kebakaran yang menimbulkan masalah asap, pemanfaatan lahan rawa juga bertujuan untuk meningkatkan produktifitas dan kesejahteraan petani hingga mengembalikan kejayaan Kalsel sebagai lumbung padi nasional.

“Biasanya satu tahun hanya satu kali tanam, begitu datang kemarau, mudah terjadi kebakaran, asap dimana mana sampai mengganggu penerbangan, di HPS kali ini kita bangunkan raksasa tidur, hingga bisa dua sampai tiga kali tanam” tegasnya.

Paman Birin berharap luas lahan rawa yang dimanfaatkan sebagai lahan pertanian dapat terus bertambah, bahkan ia secara tegas menjawab sanggup mengubah lahan rawa di Kalsel untuk lahan pertanian produktif hingga 10 ribu hektare, “Hal yang terpenting adalah niat, kita coba untuk terus meningkatkan kemauan masyarakat, disitu ada kemauan pasti akan datang kemampuan” tutupnya penuh yakin. (222) 

BERITA TERKAIT