Trend Masa Depan Pertanian Indonesia

Kementerian Pertanian Gelar Agri Vaganza 2018

Kamis, 22 November 2018, 10:48 WIB

Agri Vaganza | Sumber Foto:HIP

AGRONET -- Kementerian Pertanian (Kementan) menyelenggarakan serangkaian acara bertajuk Agri Vaganza 2018 di kantor pusat Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan. Berbagai rangkaian kegiatan akan dilaksanakan besok, Jumat dan Sabtu, tanggal 23 dan 24 November 2018. Acara ini akan dimulai Jumat pagi hari dengan kegiatan senam pagi bersama Menteri Pertanian, Amran Sulaiman dengan masyarakat. Dimeriahkan dengan  karnaval pertanian dan drum band.  Sekaligus temu muka dengan para duta Kementerian Pertanian untuk kampanye beberapa komoditas pertanian yaitu Duta Ayam dan Telor serta Duta Kopi Indonesia. Setelah itu, Menteri Pertanian akan membuka pameran photo dan bazaar pangan sehat.

Sebagai puncak acara, akan digelar bincang santai antara Menteri Pertanian dengan para wirausahawan muda pertanian yang mengangkat tema “Usaha Pertanian Digital, Trend Masa Depan Pertanian Indonesia”.  Dalam acara yang digawangi oleh Biro Humas dan Informasi Publik (HIP) Kementerian Pertanian ini secara khusus akan menyajikan sharing session dengan menghadirkan Nanda Putra, co-founder Tanijoy dan Cecep MW, founder Etanee, sebagai wirausahawan muda sukses di bidang usaha pertanian digital.

Selain acara bincang bisnis dan sharing session, setelah rehat dan shalat Jumat akan disajikan beberapa sesi edukasi untuk masyarakat, antara lain Cara Merawat Hewan Kesayangan oleh Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) sebagai pembuka sesi edukasi di ruang rapat basement gedung Pusat Informasi Agribisnis (PIA). Dan beberapa sesi edukasi lain yaitu Membuat Kopi yang Enak oleh Ditjen Perkebunan (Ditjetbun), Cara Memilih Telur dan Daging yang Baik oleh PKH, Nutrisi Tanaman dan Hidroponik Dasar oleh PT Meroke, yang digelar di beberapa panggung secara terpisah,

Rangkaian acara Agri Vaganza 2018 akan dilanjutkan hari Sabtu, 24 November 2018, di tempat yang sama. Acara Sabtu pagi akan dibuka dengan Bincang Santai Buah Lokal Sehat oleh Ditjen Hortikultura. Kemudian dilanjutkan dengan rangkaian sesi edukasi yang merupakan serial sesi edukasi di hari pertama, ditambah sesi lain, Belajar Urban Farming oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jakarta.

Untuk lebih memeriahkan acara dan guna mengundang berbagai kalangan untuk ikut berpartisipasi, Agri Vaganza 2018 juga menggelar demo masak dan lomba mewarnai tingkat PAUD.  Demo masak yang akan ditampilkan antara lain demo masak produk olahan ternak oleh PKH dan demo masak aneka snack olahan singkong oleh Badan Ketahanan Pangan (BKP).(234)

BERITA TERKAIT