Agri Vaganza 2018

Agri Vaganza: Momentum Milenial Jadi Pengusaha Pertanian

Jumat, 23 November 2018, 15:29 WIB

Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Syukur Iwantoro, mengajak peserta Agri Vaganza 2018 bersama-sama makan telur hasil produksi pangan lokal yang sehat dan bergizi. | Sumber Foto:AGRONET / Hamdan Zalik

AGRONET -- Agri Vaganza 2018 merupakan ajang yang tepat bagi para milenial untuk mengetahui lebih dalam tentang dunia pertanian. Berbagai inovasi dan produk pertanian yang ditampilkan dalam even tahunan itu dapat memberikan wawasan dan pengetahuan bahwa pertanian merupakan profesi yang menjanjikan.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Syukur Iwantoro, dalam bincang pagi, pada acara Agri Vaganza di Komplek Kementerian Pertanian, Jakarta, Jumat (23/11) mengatakan, even ini untuk membuka peluang bagi masyarakat dan para milenial tentang dunia pertanian. “Ini merupakan tempat kita saling tukar pikiran, menambah relasi, tempat interaksi antara para produsen dan pengusaha sehingga dapat saling bersinergi, serta membuka peluang usaha di bidang pertanian,” ujarnya di hadapan peserta Agri Vaganza 2018.

Hadir dalam kegiatan itu Ditjen PKH, I Ketut Diarmita, para pejabat di lingkungan Kementan, duta ayam dan telur,  Ovi Dwi Natalia, dan duta kopi Indonesia 2018. Acara semakin meriah dengan menampilkan atraksi marching band dari siswa-siswa Sekolah Tinggi Pertanian. Turut hadir anak-anak sekolah dasar, sekolah menengah, mahasiswa, serta para pelaku usaha pertanian. 

Syukur menambahkan melalui Agri Vaganza 2018, para milenial agar dapat mengambil momentum untuk menjadi pelaku usaha pertanian. “Even ini ingin menunjukan kepada anak-anak muda bahwa pertanian merupakan potensi yang besar. Sepanjang hidup kita pasti membutuhkan pangan, itulah gambaran prospek cerah usaha pertanian," ujar pria alumni Institut Pertanian Bogor itu.

Sesuai visi Kementerian Pertanian, yakni Indonesia menuju lumbung pangan dunia 2045, Kementan mendorong  agar generasi muda menggeluti usaha pertanian. "Anak-anak kita hari ini mereka kelak akan menjadi pengusaha-pengusaha di bidang pertanian yang akan membawa kejayaan bangsa," ujar Syukur memberi semangat.

Usai bincang pagi, Syukur mengajak peserta bersama-sama untuk makan telur yang telah disiapkan panitia. Kemudian dilanjutkan bersama peserta berkeliling melihat stan hasil produk dan inovasi pertanian. ”Ayo kita cintai produk pangan hasil petani kita,” ujarnya.

Kegiatan Agri Vaganza 2018 akan berlangsung dua hari, Jumat dan Sabtu (24/11). Even ini menggelar sekitar 200 stan dengan menampilkan aneka sayuran, buah-buahan, dan produk inovasi, seperti hasil olahan buah, kopi, obat alami, dan aneka bibit unggul tanaman pangan. Acara juga diisi dengan pameran foto tentang dunia pertanian. (591)