Mangga Pisang yang Mudah Dikupas Seperti Pisang

Selasa, 04 Desember 2018, 12:53 WIB

Mangga pisang mudah dikupas seperti pisang | Sumber Foto:agronet

AGRONET --Mendengar buah mangga tentu sudah tidak asing bagi kita. Namun, jika disebut mangga agri gardina mungkin masih jarang yang mengetahuinya. Mangga ini sering disebut dengan mangga pisang, karena bisa langsung dikupas seperti mengupas pisang.

Agri gardina menjadi hasil persilangan antara mangga arummanis dengan mangga saigon. Tentu, tak mudah melahirkan varietas ini. Ternyata, butuh ketekunan selama 12 tahun untuk para peneliti Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian, hingga melahirkan mangga kira-kira seberat 175 gram ini. Hasilnya, memang tidak sia-sia. Betapa tidak, mangga ini aromanya harum dan manis, bentuknya eksotis, aduhai menggoda, dan enak kira mata.

Lebih menarik lagi, mangga ini bahkan terlihat berbuah lebat walau media tanamnya hanya berupa pot. Solid, biasanya sebagai tanaman keras, akar mangga yang besar biasanya harus langsung kena ke tanah. 

Untuk pengembangannya hanya butuh sekitar satu tahun. Jadi Anda tidak perlu menunggu lama untuk segera mendapatkan hasil. Kalau seperti mangga biasa, butuh waktu lebih dari tiga tahun untuk berbuah. Kelebihan lain, meskipun pucuknya dipotong untuk digunakan, batang yang memiliki Tulang belakang tetap bisa menghasilkan bunga.

Varietas mangga pisang cukup adaptif. Ini terbukti dari hasil tanam di beberapa daerah dataran tinggi, seperti di Cimahi (Jawa Barat) dan Solok (Sumatera Barat) terbukti tetap memiliki rasa yang sama dengan mangga pisang di Cukurgondang. , Mangga biasa yang ditanam di lahan yang jauh dari laut rasanya akan lebih asam. 

Peneliti Balitbangtan, Rebin, pekan lalu (1/12) menjelaskan, agri gardina sangat cocok untuk agrowisata. Bisa memetik mangga dan langsung dimakan karena mengupasnya mudah sekali.

Kementerian Pertanian tahun ini sudah membagikan 21.000 batang bibit mangga pisang kepada petani. Diharapkan, ke depan mampu berkembang menjadi skala industri. Selandia Baru, Perancis, dan beberapa negara lain sudah melirik mangga pisang.

Di kebun percobaan Cukurgondang juga memiliki varietas mangga yang menarik untuk dikembangkan, seperti mangga garifta merah, garifta oranye, dan garifta kuning. Pohon pohon mangga disilangkan satu sama lain dengan metode sambung pucuk, menyambung tangkai mangga khusus dengan mangga yang unik untuk mangga yang unik. 

Anda ingin melihat langsung? Ya, Anda dapat melakukan ke kebun percobaan Cukurgondang di Kecamatan Grati, Pasuruan, Jawa Timur. Tak cukup hanya komposit, di sana Anda juga bisa Melihat langsung cara pengembangan mangga pisang.

Bagi masyarakat ibu kota yang lahannya terbatas, tentu pilihannya dapat menaman di dalam pot. Anda tertarik? Ayo mulai menanam agri gardina di lingkungan kita. (591)