Kaya Nutrisi, Ikan Air Tawar Ini Bisa Jadi Pilihan Menu

Selasa, 04 Desember 2018, 15:01 WIB

Ikan air tawar | Sumber Foto: kknm.unpad

AGRONET -- Ikan mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhan. Tak hanya ikan laut, ikan air tawar yang umumnya hidup di sungai dan danau juga memiliki kandungan nutrisi yang baik. Namun, minat masyarakat Indonesia untuk mengonsumsi ikan masih sangat rendah.

Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, dalam laman resminya (November 2018) mencatat, nutrisi ikan air tawar dapat diperoleh dari ikan nila, kakap putih, sarden air tawar, lele, dan berbagai ikan tawar lainnya. Kandungan asam lemak omega 3, protein, selenium, dan vitamin D dalam ikan, sangat baik bagi tubuh karena rendah kandungan lemak jenuh.

Di Indonesia, ikan air tawar yang sudah biasa dijadikan menu sehari-hari, antara lain: 

Ikan Nila

Ikan ini merupakan pilihan tepat, terutama bagi kamu yang tidak suka ikan berbau amis. Nila juga mudah diolah dan memiliki cita rasa yang gurih. Nila juga mengandung vitamin B12, senyawa penting untuk menjaga energi dalam tubuh; protein; mineral; dan kandungan vitamin lainnya. Oleh karena itu, nila juga baik dikonsumsi bagi yang tengah sakit atau lansia yang memiliki risiko penyakit jantung, kolestrol, dan tekanan darah tinggi.

Kakap putih

Kakap putih (Nile erch) umumnya memiliki ukuran besar sehingga tersedia dalam bentuk filet. Teksturnya sangat lembut dan mudah dicerna. Ikan ini juga menjadi sumber terbaik asam lemak omega 3.

Sarden Air Tawar

Sarden air tawar berukuran kecil berwarna perak dengan rasa yang unik. Kadang sarden ini disajikan dalam bentuk kering dan dikonsumsi dalam bentuk utuh. Ikan ini mengandung vitamin A, B, dan B kompleks, kalsium, kalium, dan magnesium. Kandungan ini baik untuk perkembangan gigi dan tulang anak, dan mendukung kesehatan ibu hamil.

Lele

Lele merupakan ikan air tawar yang paling terkenal dan paling mudah ditemukan di Indonesia. Ikan ini mengandung banyak nutrisi, seperti protein, lemak, kalsium, vitamin C, vitamin A, natrium, dan zat besi. Ikan ini juga memiliki kadar merkuri yang rendah sehingga aman dikonsumsi ibu hamil.

Intinya berbagai jenis ikan tersebut dan ikan-ikan lainnya baik dan aman dikonsumsi asal tahu cara mengolahnya dengan benar. Kamu yang ragu mengonsumsi ikan karena mengkhawatirkan kandungan berbahaya dalam ikan, seperti zat merkuri, sebaiknya mengenali kandungan ikan yang ingin dikonsumsi terlebih dahulu. Misalnya,  ikan lele, nila, sarden, salmon, cumi-cumi, atau teri adalah jenis ikan yang rendah kandungan merkurinya.

Tak kalah penting, pastikan mengonsumsi ikan yang dalam keadaang segar. Caranya, dapat diperiksa dari tekstur daging, bentuk mata, dan warna insangnya.

Ayo konsumsi ikan dan mari sehat bersama. (591)