Momentum Tunjukkan Capaian Pembangunan Sektor Pertanian

Jumat, 20 Oktober 2017, 19:05 WIB

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi, saat acara HPS ke-37 di Aula Makodam XII/Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat | Sumber Foto:Biro Humas dan Informasi Publik Kementan

AGRONET – Agung Hendriadi, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan), menyatakan peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-37 menjadi momentum untuk tunjukkan pada masyarakat dan dunia internasional atas capaian pembangunan sektor pertanian. "Dalam tiga tahun terakhir yang menjadi cita-cita bersama, Indonesia menjadi lumbung pangan dunia," ujarnya saat acara HPS ke-37 di Aula Makodam XII/Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (19/10/2017).

Peringatan HPS juga menjadi momentum untuk menguatkan peran generasi muda di sektor pertanian. ”Oleh karena itu, kami hadirkan pula para pemuda. Ini perlu lapangan kerja yang prospektif dan modern di sektor pangan untuk wujudkan lumbung pangan dunia tahun 2045,” lanjutnya.

Alasannya, pada 2035 mendatang Indonesia bakal mengalami bonus demografi. Pemuda menjadi fokus, lantaran sesuai tema HPS yang diangkat, ”Menggerakkan Generasi Muda untuk Membangun Pertanian di Wilayah Perbatasan”. Tajuk diambil berdasarkan tema yang ditetapkan Badan Pangan Dunia (FAO), ”Change the Future of Migration, Invest in Food Security and Rural Development”.

Beragam kegiatan tersaji pada peringatan HPS ke-37 yang digelar sejak 19-22 Oktober. Di antaranya, pameran, seminar, diplomatic tour, lomba cipta menu, serta panen padi sekaligus ekspor beras ke negara tetangga dari Desa Tunggal Bhakti, Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau. (Biro Humas dan Informasi Publik Kementan/111)