Uni Una, Minyak Bawang Merah Praktis dan Beragam Manfaat

Kamis, 20 Desember 2018, 22:38 WIB

Minyak bawang merah Uni Una | Sumber Foto: KWK Bintang Timur

AGRONET – Uni Una, sebuah nama yang mungkin ke depan akan semakin akrab di tengah kita. Iya, itu adalah sebuah brand produk minyak bawang merah yang diolah dari bawang merah segar. Produk itu merupakan hasil inovasi dan kreativitas Kelompok Wanita Kreatif Bintang Timur (KWK Bintang Timur) dari Nagari Sungai Nanam, Lembah Gumanti, Solok, Sumatera Barat.

Ketua KWK Bintang Timur, Mulia Hayati, menjelaskan minyak bawang merah mempunyai beragam manfaat. “Minyak bawang merah dapat digunakan untuk campuran menu masakan dan dapat dijadikan obat,” ujar perempuan muda (23 tahun) itu kepada AGRONET, Rabu (19/12).

Minyak bawang merah dapat digunakan untuk menumis masakan, sebagai campuran sambal, membuat nasi goreng, salad, dan sebagainya. Cukup dengan menambah 2-3 sendok makan minyak bawang merah pada masakan, hidangan akan semakin terasa enak dan lezat. Selain itu, tentu lebih praktis, karena kita tidak perlu lagi mengiris bawang setiap kali memasak.

Untuk harga relatif terjangkau, Rp15.000 per botol ukuran 230 ml. Kualitas minyak bawang merah Uni Una dijamin keamanannya, bersih, dan memiliki sertifikat resmi.

Bawang merah memang terkenal dengan khasiatnya. Bawang merah atau olahannya yang dicampur dalam makananan dapat meningkatkan produksi air susu ibu (ASI) dan baik bagi perkembangan bayi. Selain itu, zat probiotik yang terkandung dalam bawang merah dapat meningkatkan kualitas tidur dan meredakan stres. Bakteri baik yang ada pada bawang juga mampu merangsang kinerja otak.

Khasiat lain, surfur yang dikandungnya dapat menurunkan gula darah. Bawang merah rendah kalori, rendah sodium, dan tidak mengandung lemak, sehingga dipercaya bisa meningkatkan elastisitas pembuluh darah dan efektif menurunkan tekanan darah tinggi. Senyawa belerang dalam bawang merah bermanfaat sebagai pengencer darah alami, mencegah agregasi trombosit, dan dapat mengurangi risiko serangan jantung.

Mulia Hayati atau yang akrab disapa Uni Una itu beserta KWK Bintang Timur terus mengembangkan produk dan pasar minyak bawang merah. Selain di kabupaten/kota di Sumatera Barat, pasar minyak bawang merah Uni Una sudah menembus ke luar wilayah, antara lain Palembang, Jambi, Pekanbaru, Jakarta, Bogor, dan bahkan hingga ke Kalimantan.

Saat ini mereka sedang mengembangkan sayap bisnisnya di Provinsi Kepulauan Riau, dan beberapa daerah lain. Pada akhir Desember 2018 mereka akan mempromosikan produknya di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. "Harapan kami tentunya produksi minyak bawang merah Uni Una semakin berkembang dan dapat membantu membuat jaya petani di Indonesia,” ujar Uni Una.

Olahan minyak bawang merah Uni Una berasal dari bawang merah hasil petani di Nagari Sungai Nanam, Solok. Daerah ini dikenal sebagai sentra bawang merah di Sumatera. 

Selain minyak bawang merah, KWK Bintang Timur juga memproduksi pasta bawang merah, bawang iris kering, dan bawang goreng. Kreativitas mereka ini mendapat dukungan dan pembinaan, antara lain dari Balai Besar Litbang Pascapanen Kementerian Pertanian.

Kalau Anda ke Sumatera Barat, punya waktu luang, berkunjunglah ke tempat produksi minyak bawang merah Uni Una. Anda dapat langsung menuju ke alamatnya di Jalan Letnan Darlis, Sampie, Jorong Koto, Nagari Sungai Nanam, Lembah Gumanti. Tentunya juga, sambil berwisata dan menikmati keindahan alam di Kabupaten Solok. (591)