Apartemen Udang Galah Dapat Tingkatkan Produksi

Selasa, 08 Januari 2019, 05:33 WIB

Apartemen udang galah. | Sumber Foto: LIPI

AGRONET -- Untuk meningkatkan produksi hasil panen udang galah, peneliti LIPI telah menciptakan inovasi baru. Temuan itu berupa pembuatan teknologi apartemen udang galah (Macrobrachium rosenbergii), yaitu bangunan dari bahan bambu yang dibelah dan dianyam/dirakit menyerupai kerangka bilik/kamar seperti sebuah apartemen dan ditempatkan di dalam air kolam.
 
Ukuran satu unit apartemen bisa bervariasi sesuai keinginan. Biasanya 1x1x1 m, disesuaikan dengan kedalaman air kolam dan kemudahan untuk pemasangan. Ukuran panjang, lebar, dan tinggi biliknya masing-masing 20 cm (sesuai dengan ukuran udang yang akan dipanen).
 
Tak hanya meningkatkan hasil panen, apartemen udang ini pun mampu meningkatkan kepadatan tebar udang galah yang dipelihara. Selain itu, meminimalkan kanibalisme, aman sebagai tempat udang berganti kulit, mempermudah mengetahui ukuran udang yang dipelihara, tidak mengganggu arus air dalam kolam serta mencegah pencurian dengan jala atau alat tangkap sejenis lainnya.
 
Teknologi apartemen udang galah mampu mendongkrak jumlah produksi secara signifikan. Produksi dengan sistem konvensional hanya berkisar 1-2 ton/ha, sedangkan dengan teknologi tersebut mampu mencapai 7 ton/ha. (591)