De Djawatan Bakal Menjadi Kebun Raya

Perhutani Kembangkan Sektor Wisata di Banyuwangi

Kamis, 10 Januari 2019, 08:27 WIB

Menteri Negara BUMN, Rini Soemarno , di lokasi Wana Wisata Perhutani Banyuwangi bersama dengan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas didampingi oleh Direktur Utama Perhutani Denaldy M Mauna dan jajaran Direksi sejumlah BUMN lainnya. | Sumber Foto:dok BUMN/ bumn.go.id

AGRONET --  Menteri Negara BUMN, Rini Soemarno singgah ke pantai Pulau Merah dan De Djawatan, saat melakukan kunjungan kerja di penghujung tahun 2018 lalu di lokasi Wana Wisata Perhutani Banyuwangi bersama dengan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas didampingi oleh Direktur Utama Perhutani Denaldy M Mauna dan jajaran Direksi sejumlah BUMN lainnya.

Pantai Pulau Merah, yang pengelolaannya dilakukan oleh Perhutani , baru saja ditetapkan sebagai bagian dari kawasan taman bumi (gelogical park/geopark) nasional.

“Kondisi pantainya sangat bagus, BUMN akan mendukung pengembangannya untuk membantu menggeliatkan ekonomi masyarakat sekitar” jelas Rini

Setelah puas menikmati keindahan pantai Pulau Merah, Rini beserta rombongan melanjutkan perjalanan menuju lokasi wisata De Djawatan. Lokasi ini merupakan eks Tempat Penimbunan Kayu (TPK) yang dikelola oleh Perhutani, merupakan miniatur hutan yang dihiasi dengan beraneka ragam pepohonan berusia ratusan tahun. 

Direktur Utama Perhutani, Denaldy menyampaikan bahwa Perhutani saat ini sedang giat menggalakkan sektor wisata. “Kami sedang gencar mengeksplore potensi wisata yang ada di kawasan Perhutani, untuk membantu menggerakkan ekonomi masyarakat, selain juga dalam rangka meningkatkan nilai tambah pendapatan perusahaan”, ujarnya.

“Pemerintah kabupaten Banyuwangi dan BUMN akan berkolaborasi mengembangkan wisata dengan melibatkan LIPI, khususnya De Djawatan, bahkan rencananya kedepan lokasi ini akan dijadikan semacam kebun raya” jelas Denaldy. (234)

BERITA TERKAIT