Balitbangtan Fokus Tingkatkan SDM Pertanian

Jumat, 01 Maret 2019, 09:00 WIB

Fadjry Djufry (kanan) dalam kegiatannya di lapangan. | Sumber Foto: Litbang Pertanian

AGRONET -- Era industri 4.0 yang memasuki berbagai bidang termasuk pertanian perlu mendapatkan perhatian khusus, utamanya dalam mempersiapkan seluruh sumberdaya termasuk sumber daya manusia. Sebagai lembaga riset terkemuka bidang pertanian, Balitbangtan pun bergerak cepat dengan melakukan refocusing arah dan kebijakan pengembangan sumberdaya manusia dalam penyelenggaraan program penciptaan teknologi inovasi era pertanian modern.

Hal tersebut yang menjadi bahasan utama dalam rapat kerja Balitbangtan yang dibuka oleh Kepala Balitbangtan, Fadjry Djufry, pekan lalu (22/2) di Padang, Sumatera Barat. Tema yang diangkat dalam rapat kerja ini adalah "Konsolidasi Manajemen Peningkatan Kapasitas SDM Litbang Mendukung Percepatan Capaian Sasaran Strategis Kementerian Pertanian".

Fadjry Djufry menambahkan bahwa Menteri Pertanian telah banyak memberikan apresiasi atas hasil kerja Balitbangtan. Bahkan belum lama ini enam putra terbaik Balitbangtan terpilih dan dilantik oleh Menteri Pertanian sebagai pejabat Eselon I di lingkungan Kementerian Pertanian. “Untuk mempertahankan hal ini, akan ada perubahan yang dilakukan Balitbangtan ke depan, antara lain pembenahan manajemen serta penataan ulang kembali SDM Balitbangtan,” ujarnya.

Ditegaskan pula bahwa Balitbangtan akan memperkuat lagi penerapan corporate programme, sehingga tidak akan muncul ego subsektor. Ke depan, seluruh kegiatan lingkup Balitbangtan harus berada dalam payung besar nama Balitbangtan dan harus sejalan dengan program dan kegiatan Kementerian Pertanian. “Balitbangtan adalah motor penggerak pertanian di Indonesia, jadi harus berubah dan bersinergi,” tegas Fadjry.

Dia juga menyinggung keterlibatan stakeholder dalam berbagai kegiatan termasuk dalam rapat kerja. Hal ini dilakukan agar para stakeholder dapat mengetahui hal-hal yang telah dikerjakan oleh Balitbangtan serta sebagai upaya mempercepat inovasi teknologi. “Termasuk ke depan perlu dipikirkan bagaimana Balitbangtan melakukan branding produk yang dihasilkannya” ujar Fadjry.

Usai membuka rapat kerja, Kepala Balitbangtan juga berkesempatan melakukan peluncuran desain baru website resmi Balitbangtan. Dalam desain terbarunya terdapat fitur yang lebih lengkap serta lebih memudahkan pencarian informasi mengenai inovasi teknologi pertanian ataupun program dan kegiatan Balitbangtan. Website baru ini pun sudah mengadopsi tampilan website yang responsif, sehingga lebih nyaman saat diakses dari berbagai gawai dan perangkat.

Sekretaris Balitbangtan, Muhammad Prama Yufdy, menyampaikan dalam menjawab tantangan Balitbangtan ke depan untuk masuk ke era industri 4.0 memerlukan banyak hal yang harus dipersiapkan dengan matang, salah satunya adalah kesiapan sumber daya manusia. “Bagaimana Litbang akan membangun SDM dan juga sistem yang mendukung, akan dibahas dalam raker Balitbangtan ini,” ungkapnya. (591)

BERITA TERKAIT