Riset Perkebunan Penting untuk Tingkatkan Kualitas

Jumat, 05 April 2019, 07:59 WIB

Para petani dan pekerja di perkebunan memanen kopi untuk kemudian dipasarkan. | Sumber Foto: Kementan

AGRONET -- Pengembangan riset di sektor perkebunan sangat penting untuk terus digalakkan. Tanpa riset yang optimal, beberapa produk perkebunan berbasis kerakyatan akan sulit menghasilkan komoditas yang baik.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, di Jakarta, Kamis (4/4). Menurutnya, pemerintah terus mendorong pengembangan riset dari sisi hulu dan hilir untuk menghasilkan komoditas berkualitas tinggi dan dapat bersaing di pasar global.

Dijelaskan Darmin, komoditas perkebunan nasional seperti kopi, kakao, dan teh, telah menjadi tren gaya hidup masyarakat. Untuk itu pihaknya terus mendorong kualitas komoditas itu agar mampu memenuhi permintaan pasar.

"Saya pernah melakukan riset komoditas perkebunan sekitar tahun 80-an. Namun, berhenti dan tidak dilanjutkan. Padahal, ini sangat penting, dapat membuka peluang dan lapangan kerja," ujarnya.

Darmin melihat, justru pengembangan riset hanya ditemukan di perkebunan-perkebunan milik perusahaan besar. "Jika di sekitar perkebunan rakyat tidak ada pengembangan riset maka akan mengalami kerugian. Karena itulah, kami terus mendorong pengembangan riset untuk komoditas perkebunan,” jelasnya.

Pengembangan riset yang diperlukan seperti riset benih. Kemudian riset terkait processing dan budi daya komoditas perkebunan, seperti kopi, teh, dan lainnya. (591)