Antusiasme Santri Milenial Papua Barat

Kamis, 18 April 2019, 21:06 WIB

Ponpes Salafiyah Syafi’iyah menjadi Ponpes pertama yang menerima bantuan KSTM dari total 10 KSTM untuk Provinsi Papua Barat. | Sumber Foto:Dok Polbangtan Manokwari

AGRONET -- Selepas penyerahan bantuan kegiatan penumbuhan dan penguatan santri milenial komoditas ayam buras wilayah Sorong, Papua Barat, para santri milenial tetap antusias melakukan budidaya ayam.

Sekretaris Kelompok Santri Tani Milenial (KSTM) Salafiyah Syafi’iyah, Kholifatur Rosidah pada Selasa, 16/04, menyatakan, “Sejak hari pertama sampai dengan hari ini, pemeliharaan terasa sangat menyenangkan. Dengan adanya kegiatan ini para santri bisa langsung turun lapangan untuk praktik budidaya ayam kampung.”

Bantuan berupa 500 ekor ayam kampung umur 4 minggu, 1 ton pakan, 1 paket vitamin dan disinfektan, serta 1 paket dana bantuan kandang telah digulirkan.

“Sebelum penyerahan telah dilakukan verifikasi oleh Dinas Peternakan Sorong disertai Surat Keterangan Kesehatan Hewan,” ujar Wakil Direktur II Politeknik Pembanguna Pertanian (Polbangtan) Manokwari, Dr. Aswandi selaku Ketua Tim Pendamping KSTM.

Dr. Aswandi pun berharap Program KSTM dapat berkembang, para santri mampu menambah pendapatan, serta mencintai bidang peternakan.  Hal senada disampaikan ketua Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah, Kiai Ikhwanudin, “Mudah-mudahan kegiatan ini menunjang kegiatan santri, menjadi bekal para santri agar saat keluar dari pesantren punya keterampilan lain, salah satunya beternak ayam kampung.”

Sebelum adanya Program KSTM, Ponpes Salafiyah Syafi’iyah telah memiliki ratusan ternak ayam kampung yang dikelola sendiri oleh Kiai Ikwanudin. Bibit ternak diperoleh dari menetaskan telur dari sang induk, pakan yang diberikan hanya voer,  dan masih menggunakan pemeliharaan secara konvensional.

Berjalannya program ini turut diimbangi dengan antusiasme santri. Setelah diadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) pemeliharaan ternak semi intensif oleh Tim Polbangtan Manokwari serta Tim dari Dinas Peternakan Sorong pada Selasa, 09/04, para santri secara bergotong royong mempraktikkan keilmuan yang telah diperoleh.

Dengan giat mereka membuat kandang kandang, sebagian lagi menata kebutuhan untuk pemeliharaan ayam kampung sesuai dengan arahan yang telah disampaikan.

Ponpes Salafiyah Syafi’iyah menjadi Ponpes pertama yang menerima bantuan KSTM dari total 10 KSTM  untuk Provinsi Papua Barat. Penyaluran bantuan berikutnya akan diberikan  juga kepada tiga Ponpes yang berada  di Kabupaten/Kota Sorong masing-masing Ponpes Nurul Yaqin, Ponpes Hidayatulah Sorong, dan Ponpes Datarul Atsal. Sedangkan untuk Kabupaten Manokwari akan diberikan kepada Ponpes Darusalam, Ponpes Salafiyah, serta Ponpes Hidayatulah Manokwari.  (NS/234)